Jokowi Umumkan Maruf Amin Pendampingnya di Pilpres

Presiden Jokowi saat umumkan nama Maruf Amin/ Foto: detik.com

Jakarta, Kabarserasan.com—Presiden Joko Widodo akhirnya mengungkap nama yang akan mendampinginya sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Nama yang dipilih Jokowi adalah KH Maruf Amin, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Jokowi mengumumkan nama cawapresnya itu dalam keterangan pers yang dilkukan bersama seluruh pimpinan partai politik pendkungnya, pada Kamis (09/08/2018) di Jakarta. Jokowi mengaku keputusannya tersebut diambil setelah mendapat persetujuan seluruh pimpinan partai pendukungnya.

“Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” ujar Jokowi.

Pimpinan partai-partai koalisi pendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja yang mendampingi Jokowi, antara lain Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Lalu Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono. Ikut hadir Sekjen seluruh partai pendukung. (Jun)

Saat Jokowi telah mengumumkan pasangan cawapresnya, capres calon rivalnya, Prabowo Subianto hingga tulisan ini dibuat belum mengumumkan calon pendampingnya di Pilpres mendatang. Namun beredar kabar, Prabowo akan mengumumkan nama Cawapresnya di hari yang sama.

Agak terlambat karena beredar kabar, belum dicapai kata sepakat antara empat partai pendukungnya, yakni Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Namun siapapun yang nanti dipilih Prabowo, kdua pasangan Capres dan Cawapres ini akan mendaftar ke KPU, Jumat (10/08/2018) yang merupakan hari terakhir pendaftaran. (Jun)

Leave a Reply