Pecinta Lingkungan Tanjung Enim, Bersihkan Sampah Sungai Enim

KPLTE dan Unit Rescue PTBA membersihkan sampah di aliran Sungai Enim. Kabarserasan.com/ans

Muara Enim, Kabarserasan.com — Komunitas Pecinta Lingkungan Kota Tanjung Enim (KPLTE) kembali melaksanakan kegiatan sosial.

Kali ini, bekerjasama dengan Unit Rescue PT Bukit Asam, kegiatan yang dilakukan KPLTE ialah melakukan pembersihan sampah di aliran Sungai Enim, Jumat (28/7/2017).

Ketua KPLTE, Rima Lestiya mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan kota Tanjung Enim sebagai kota wisata.

” Kita juga mengajak para pemuda-pemudi di Tanjung Enim sadar akan kebersihan lingkungan,” ujar Rima.

Selain melakukan pembersihan sungai, lanjut Rima, KPLTE juga melakukan penebaran benih ikan serta menanam pohon di wilayah Kota Tanjung Enim.

“Semoga dengan kegiatan yang kita lakukan masyarakat Tanjung Enim jadi lebih sadar akan pentingnya kebersihan sungai. Jadi tolong jangan buang sampah sembarangan,” harap Rima.

Sementara itu, Ketua KNPI Muara Enim Adriansyah yang saat itu turut membantu membersihkan sungai, mengapresiasi kegitan yang dilakukan KPLTE.

Menjaga kebersihan lingkungan, kata Andri merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, dirinya berharap, kegitan tersebut bisa dicontoh masyarakat lainnya.

“Ini merupakan awal kesadaran pemuda. Kita tahu, air bersih sangat penting. Untuk itu saya menghimbau pemuda dan masyarakat lain untuk bergiat membersihkan Sungai Enim,” cetus Adriansyah.

Terkait pencanangan Tanjung Enim sebagai kota wisata, Adri menilai jika hal tersebut secara teoritis sangat bagus, tapi sulit diwujudkan.

Menurutnya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, baik dari SDM, masyarakat maupun infrastruktur.

“Tapi kita harus positif thinking. Mudah-mudahan program tersebut bisa terwujud,” pungkas Adri.

Penulis: Anas
Editor: Amr

Leave a Reply