Home Advertorial Singapura Dukung Walikota Jambi Implementasikan 100 Smart City Indonesia di Kota Jambi

Singapura Dukung Walikota Jambi Implementasikan 100 Smart City Indonesia di Kota Jambi

enteri Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Dr. Mohamad Maliki Osman dan Walikota Jambi Syarif Fasha

Kabarserasan.com, Jambi — Hubungan kerjasama bilateral Pemerintah Kota Jambi dengan Pemerintah Singapura makin menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Dalam waktu yang relatif singkat, Pemerintah Kota Jambi di bawah kepemimpinan Walikota Jambi H. Syarif Fasha dapat menunjukkan kekuatan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara Kota Jambi dengan negara Singapura.

Kemitraan strategis tersebut dibuktikan dengan hadirnya Menteri Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Dr. Mohamad Maliki Osman di Kota Jambi pada Kamis malam (28/7/2017).

Didampingi oleh Konsulat Jenderal Singapura untuk Indonesia Mr. Mark Low, kehadiran pejabat penting negara Singapura tersebut adalah untuk membalas kunjungan Walikota Jambi H. Syarif Fasha beberapa waktu lalu di Singapura.

Kehadiran Dr. Mohamad juga bertepatan dengan 50 tahun perayaan hubungan diplomatik Pemerintah Singapura dan Pemerintah Republik Indonesia, yang bertajuk “RISING 50”.

Dalam sambutannya, Dr. Mohamad menyampaikan bahwa sebagai negara sahabat Indonesia dan Singapura, telah terbina hubungan yang baik, begitu juga dengan Pemerintah Kota Jambi.

“Kota Jambi adalah salah satu Kota di negara Indonesia yang telah terbina hubungan baik dengan Singapura. Kunjungan ini juga bertepatan dengan perayaan 50 tahun hubungan kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Singapura yang bertajuk “RISING 50”. “RI” merujuk pada Republik Indonesia dan “SING” merujuk pada Pemerintah Singapura. Rising juga berarti makin meningkat dan berkembang, seperti itu juga harapan kami terhadap hubungan kerjasama yang baik ini,” ujarnya.

Dirinya pun merasa kagum dengan kepemimpinan Walikota Fasha yang memiliki konsep outward looking. Dia pun mengungkapkan bahwa Singapura dan Kota Jambi memiliki beberapa persamaan, yaitu sebagai negara yang memiliki berbagai keterbatasan sumber daya alam, dan hampir seluruh kebutuhannya diimpor dari negara lain. Namun mereka memiliki kekuatan sumber daya manusia yang menjadi modal utama pembangunan.

Hal tersebut juga turut dirasa oleh dirinya menjadi fokus utama Walikota Fasha dalam membangun Kota Jambi. Kesungguhan tersebut dibuktikan dengan banyaknya ASN Kota Jambi yang dikirim belajar ke Singapura melalui program Singapore Cooperation Programme. Dirinya pun turut merasa bangga bahwa sebagian ASN alumni SCP Singapura telah meningkatjenjang karirnya.

“Singapore Cooperation Programme (SCP) bagi aparatur Kota Jambi berbuah manis, menghasilkan timbal balik yang luar biasa. Sebagian dari mereka di promosikan ke level yang lebih tinggi. Oleh karena itu kami berharap terbangun komitmen untuk memperkuat kemitraan jangka panjang, lebih banyak lagi peserta dimasa yang akan datang.”

Pihaknya turut mendukung kebijakan pengimplementasi 100 Smart City Indonesia di Kota Jambi. Singapura bersedia bertukar informasi, teknologi dan sistem pelayanan masyarakat yang ada Singapura di Kota Jambi.

Sementara Walikota Jambi H. Syarif Fasha pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kehadiran Dr. Mohamad Maliki Osman di Kota Jambi.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Jambi, kami ucapakan terima kasih dan penghargaan telah dikunjungi oleh Bapak Menteri. Ini adalah janji pada beberapa waktu lalu yang ternyata dibuktikan oleh beliau malam ini. Beliau telah membuktikan bahwa tidak hanya mengucapkan kata, namun membuktikan dengan perbuatan,” ujar Fasha yang disambut tepuk tangan tamu yang hadir.

suasan pertemuan Walikota Syarif Fasha dengan Menteri Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Dr. Mohamad Maliki Osman

Fasha pun mengungkapkan bahwa banyak hal yang dapat dikolaborasikan bersama pemerintah Singapura. Karena Singapura selama ini jadi percontohan dalam pembangunan. Apresiasi pun disampaikan Fasha karena ASN Pemkot Jambi selalu diberi kesempatan untuk meraih pendidikan di Singapura tanpa dipungut biaya.

Dihadapan tamu yang hadir pun Walikota menyampaikan bahwa masyarakat Kota Jambi patut berbangga hati, karena di Indonesia hanya beberapa kota yang memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Singapura, yaitu Kota Bandung, Makassar dan Kota Jambi.

Terkait dengan program SCP, Fasha juga mengutarakan bahwa tahun ini akan ada tambahan 25 orang ASN yang akan dikirim ke Singapura untuk mengikuti program tersebut.

“Kami berharap kedepannya hubungan kerjasama ini akan lebih meningkat, tidak hanya untuk ASN Kota Jambi, namun juga ada kesempatan bagi mahasiswa Jambi untuk mengikuti pendidikan di Singapura,” imbuhnya.

Jamuan makan malam bersama Menteri Pertahanan dan Hubungan Luar Negeri Singapura tersebut, selain dihadiri oleh Asisten II Sekda Prov Jambi dan Sekda Kota Jambi, turut pula dihadiri oleh ASN Kota Jambi Alumni SCP Singapura dan mahasiswa perguruan tinggi di Jambi. (Azhari/adv)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here