Kadin Perpustakaan dan Kearsipan Ajak Masyarakat Kunjungi Perpustakaan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Maryana (tengah) bersama juri lomba dongeng dan pidato. Foto: Kabarserasan.com/Amri

Muara Enim, Kabarserasan.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar kegiatan Lomba Pidato dan Mendongeng, pidato tingkat SD, SMP dan SMA serta dan Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat SMP di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Jum’at (31/03/2017).

Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Maryana mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan minat baca dan mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Kabupaten Muara Enim.

” Kegiatan ini merupakan salah satu caran kita untuk mendorong minta membaca bagi masyarakat. Dengan kegiatan mendongeng ini kan mereka harus membaca terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya berharap perpustakaan daerah menjadi tempat yang dibutuhkan masyarakat.

” Selama ini memang sudah ada kegiatan, namun perpustakaan itu masih dipandang sebelah mata. Kita ingin mengubah pandangan itu, kita ingin perpustakaan menjadi tempat yang dibutuhkan masyarakat,” kata Maryana yang dijumpai Kabarserasan.com usai kegiatan, Jumat (31/03/2017).

Salah satu upaya yang dilakukan misalnya membuat suasana nyaman. Sekarang Perpustakaan sudah pindah tempat yang lebih baik di Jl AK Gani (Tanjung Priuk).

” Menurut saya kenyamanan itu penting. Bagaimana mau membaca yang enak jika suasananya tidak nyaman,” ujarnya.

Mengenai ketersediaan buku Maryana mengtakan stok buku di perpustakaan Muara Enim cukup banyak, yakni sekitar 49 ribu buku.

” Masalah buku kita tidak kekurangan. Bahkan, dalam waktu dekat akan lagi buku tambahan. Jika ingin membaca di perpustakaan tinggal datang kok. Di sini juga ada internet, gratis,” terangnya.

Mariyana menjelaskan, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan DInas Perpustakaaan Muara Enim, bahkan akan terus ditingkatkan. Dan pemenang lomba akan di kirim untuk berlaga ditingkat Provinsi Sumsel bulan.

Dia berharap pada kegiatan selanjutnya seluruh kecamatan yang ada di Kabuapaten Muara Enim ikut berpartisipasi. ” Sekarang yang ikut berpartisipasi baru 12 kecamatan. Tahun depan kita harap akan lebih banyak lagi yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply