Jelang Natal dan Tahun Baru Polres Muara Enim Perketat Pengamanan Gereja

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar bersama Kapolres AKBP Hendra Gunawan serta Dandim 04/04 Letkol Inf Jamaludin saat memeriksa pasukan Operasi Lilin 2016, di Lapangan Mapolres, Kamis (22/12).

Muara Enim, Kabarserasan.com – Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan menyampaikan, untuk menghindari hal yang bisa mengancam keamanan dan ketentraman ibadah Natal dan Tahun baru, pihaknya akan memaksimalkan pasukan intelnya yang nanti disebar dibeberapa gereja.

“Kita akan tingkatkan pengamanan dengan meminta para intel agar lebih jeli dalam mengawasi,” ujar Kapolres saat diwawancarai usai Gelar Pasukan Oprasi Lilin 2016, di Lapangan Mapolres, Kamis (22/12).

Kapolres mennjelaskan, Oprasi lilin memang sudah menjadi agenda tahunan, namun saat ini, dengan maraknya kejadian yang mengancam ketentraman dan kenyamanan beribadah yaitu pengeboman, pihaknya lebih memaksimalkan dan meningkatakan pengamanan.

Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, Polres Muara Enim akan lebih memperketat pengamanan di gereja-gereja yang memiliki banyak jemaat.

“Bisa jadi nanti akan ada pemeriksaan khusus, baik itu pada kendaraan yang ada di sekitar lokasi atapun orang yang gerak geriknya dinilai mencurigakan. Yang jelas sesuai instruksi dari pusat, pengamanan harus benar benar maksimal, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Dalam oprasi Lilin kali ini, telah disiagakan pasukan gabungan sebanyak 166 orang yang terdiri dariĀ  pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan PUBM serta tokoh masyrakat.

Selain petugas, Juga telah disiapkan posko posko pengamanan dibeberapa titik, seperti di Gelumbang, Jembatan Enim I, Objek Wisata Bedegung, dan Pendopo. Selain tempat tempat ibadah, Pasukan gabungan ini juga disebar di beberapa objek wisata yagn ada di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Ikut hadir dalam Gelar Pasukan Oprasi Lilin 2016, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar yagn bertindak sebagai Inspetur upacara. Selain Bupati, para unsur muspida juga hadir dalam upacara tersebut, seperti Komandan Kodim 0404 Letkol Infantri Jamaludin.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Leave a Reply