Pemkab PALI akan Relokasi 50 KK Warga Langganan Banjir di Talang Pipa

Talang Pipa kawasan langganan banjir di PALI

PALI,Kabarserasan.com – Sebanyak 50 Kepala keluarga (KK) yang memiliki rumah di bantaran Sungai Abab yang menjadi langganan banjir di daerah Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi akan direlokasi Pemkab PALI.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Ir.Selamet Irianto,MSi mengatakan, relokasi perumahan masyarakat tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat.

” Pemkab PALI mendapat bantuan langsung dari pemerintah pusat untuk merelokasi perumahan masyarakat yang rawan bencana seperti banjir, longsor, erosi dan sebagainya,” kata Selamet kepada Kabarserasan melalui ponselnya, Rabu (21/12/2016)

Selamet menjelaskan, 50 KK tersebut rencananya akan direlokasi ke kawasan Simpang Bandara Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi.” Disana akan dibangun sebuah Komplek Perumahan sudah  layak huni bagi warga Talang pipa yang sudah di data nama-namanya. Dan dimana anggarannya berasal dari Pemerintah Pusat,”jelasnya.

Lanjut Selamet, saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi kepada warga Talang Pipa untuk  bersedia  direlokasi. ” Bagi warga yang bersedia direlokasi, secara otomatis rumah beserta tanah mereka harus dihibahkan ke Pemkab PALI yang akan menormalisasi Sungai Abab,” ujarnya.

Rumah yang nantinya akan dibangun di Simpang Bandara tersebut disediakan fasilitas seperti air bersih dan listrik. ” Kami berharap masyarakat bisa mengerti sehingga program pemerintah dapat terlaksana. Sehinga dapat mencegah terulangnya bencana banjir yang selalu menimpa warga Talang Pipa setiap tahunnya,” kata Selamet.

Sementara Lurah Talang Ubi Barat Hardin menambahkan, relokasi tersebut rencananya akan dilaksankan pada tahun 2017.  Animo masyarakat untuk ikut program relokasi tersebut cukup tinggi,” kata Hardin.

” Rencananya para warga akan kita kumpulkan pada hari Kamis dan Jumat 22-23 Desember nanti di Kantor Lurah Talang Ubi Barat  untuk mendapatkan penjelasan langsung dari Dinas PU CK soal relokasinya tersebut,”pungkasnya.

Penulis: Hermansyah
Editor: Amri

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here