Perayaan Entas-Entas Umat Hindu Sumsel Dilaksanakan di Candi Bumi Ayu

Ratusan umat Hindu hadir berkumpul untuk berdoa dan sembahyang bersama di Candi Bumi Ayu yang merupakam komplek percandian terbesar di Sumatera ini.

Penjabat Bupati Apriyadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Hindu yang datang ke Tanah Abang. “Pemerintah akan berupaya untuk menjaga keamanan serta melestarikan kebudayaan di wilayah ini. Pemerintah meminta dukungan seluruh elemen masyarakat agar kelestarian budaya dapat terjaga,” kata Apriyadi di Tanah Abang, Minggu (2/8/2015).

Dia berharap seluruh umat beragama agar menjaga keamanan, sebab semuanya butuh satu kesatuan antar sesama, pemerintah tidak akan bisa membangun, tanpa bantuan masyarakat. “Dengan adanya acara ini, bisa menjalin hubungan harmonis atau individu dengan leluhur (hubungan mikrocosmos dgn makrocosmos),” ujarnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kabupaten Muara Enim, Yoman Suwija mengatakan, kegiatan meruapakan silaturahmi antara umat beragama serta saling hormat menghormati antar sesama. “Ini merupakan acara adat umat hindu se Provinsi Sumsel dan tahun ini di selengarakan di Candi Bumi Kecamatan Tanah Abang,” kata Yoman.

Kegiatan ini, lanjutnya, meruapakan upacara sembahyang seluruh umat hindu, yang disebut dengan nama Entas-Entas. “Kegiatan ini untuk menghormati arwah leluhur terdahulu. Sebab dalam agama Hindu, diyakini di bumi ini bukan hanya manusia saja yang hidup, akan tetapi arwah-arwah bangkit kembali, ” ujarnya.

Anggota DPD RI Provinsi Bali Aria I gusti Ngurah Karya Medakarma yang turut hadir menambahkan, kegiatan ini merupakan sedekah bumi demi keselamatan umat manusia, serta menjalin hubungan yang harmonis antara individu dengan leluhur. “Acara ini bentuk penghormatan umat hindu kepada leluhur,” ujarnya

Selain di hadiri Penjabat Bupati PALI, acara ini juga dihadiri unsur Muspika dan sejumlah kepala SKPD Kabupaten PALI.

Penulis    : Hermansyah
Editor      : Amri
_______________________________________________________
BERITA LAIN:
Polisi Ringkus Pelaku Utama Pembunuh Frangky
Warga Bumi Ayu Temukan Mayat di Sungai
Jadi Tersangka Korupsi, Kadisnaker PALI M Amin Ditahan
Dewan PALI Persoalkan Pembangunan Jembatan Talang Pipa
Tidak Disiplin, Anggota Sabahara Polsek Talang Ubi Dihukum
Jelang Lebaran Ongkos “Travel” Naik Gila-Gilaan
Jelang Lebaran, Polsek Talang Ubi Dirikan Pos Simpatik

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here