Tak Berikan Kebun Plasma Warga 3 Desa, DPRD PALI akan Pansuskan PT SA

Pasalnya perusahaan perkebunan sawit ini sejak 1998 telah melakukan pelanggaran perjanjian prinsip, yakni tidak memberikan kebun plasma kepada warga 3 desa tersebut.

Padahal, sesuai dengan keputusan kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Muara Enim, Nomor: 001/SK-IL/MAE/1998, tentang pemberian izin lokasi untuk keperluan perkebunan kelapa sawit PT Suryabumi Agrolanggeng,lahan seluas 10 ribu hektar yang dikelola, terdiri dari lima ribu hektar kebun inti dan lima ribu hektar kebun plasma.

Kepala Desa Simpang Tais, Seruri mengatakan, sejak beroperasinya PT Suryabumi Agrolanggeng, tidak satupun warganya yang mendapat kebun plasma, sesuai dengan penjanjian perinsip yang telah dibuat. “Tidak sebatangpun sawit yang kita dapat. Bukan hanya kita tapi seluruh desa yang termasuk dalam perjanjian tersebut,” ujarnya, Rabu (8/4/2015).

Sementara, salah satu tokoh masyarakat Desa Simpang Tais Amandin menegaskan, bahwa dirinya bersama warga lainya akan menuntut haknya. Dan akan mengulang kembali aksi akbar ditahun 2000 lalu, dikantor PT Suryabumi Agrolanggeng.

“Kita menuntut hak kita sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Kita akan melakukan aksi demo akbar ke PT Suryabumi Agrolanggeng dalam waktu dekat ini. Karena kita hanya ingin menuntut hak kita, untuk diberikan kebun plasma,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten PALI, Devi Harianto SH MH mengatakan, bahwa PT Suryabumi Agrolanggeng selama ini telah membohonggi masyarakat banyak dan telah mengingkari janji, yang telah dibuat oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Muara Enim.

“DPRD Kabupaten PALI akan membentuk panitia khusus. Nanti hasilnya, akan kita bawa ke ranah berwenang dan merekomendasikan untuk segera mencabut izin dan menutup PT Suryabumi Agrolanggeng. Apabila hal tersebut memang terbukti tidak ada kebun plasma sesuai perjanjian awal,” tegasnya. (Her)

Berita Lain: 
Jelang Lepaskan Jabatan Heri Malindo Pamit dengan Wartawan
Lurah Talang Ubi Sesalkan Warganya Cari Ikan Dengan Potas
Demokrat Pali Diserbu Pelamar Bupati dan Wakil Bupati
Bupati Bagikan 71 Unit Sepeda Motor Operasional Kades dan Lurah
Maju dari Jalur Independen Rimpah Gaya Siap Bangun Pali
Golkar Pali Dukung Heri Amalindo Maju Pilkada Pali

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here