Kurang Vitamin D Picu Kanker Usus

Temuan tersebut menyebutkan bahwa vitamin D dalam darah dapat meningkatkan sistem pertahanan kekebalan tubuh terhadap sel-sel tumor.

Menurut Shuji Ogino, MD, PhD, dari Harvard School of Public Health, dikutip dar tempo.co,  orang-orang dengan kadar tinggi vitamin D dalam darah mereka memiliki potensi keseluruhan yang lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Dijelaskan Shuji, penelitian laboratorium menunjukan vitamin D meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mengaktifkan sel T. Sel ini membantu mengenali dan menyerang sel kangker secara signifikan.

Penelitian yang melibatkan 942 orang tersebut memperlihatkan sebanyak 318 menderita kanker kolorektal dan 624 orang tidak. dua proyek kesehatan jangka panjang. Dari jumlah tersebut, 318 menderita kanker kolorektal dan 624 tidak.

Semua peserta telah memberikan sampel darah selama 1990-an, sebelum dan sesudah menderita kanker. Para peneliti menguji sampel ini untuk hidroksi vitamin D, ukuran yang akurat tentang berapa banyak vitamin D dalam tubuh Anda.

Mereka menemukan bahwa orang dengan jumlah hidroksi vitamin D yang tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena tumor kolorektal. Para peneliti mengatakan ada interaksi antara vitamin D dan sistem kekebalan tubuh yang dapat bekerja untuk mencegah kanker kolorektal.

 Konsumsi Brown Rice

Makan makanan yang sehat adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kanker pada usus besar. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda menangkal kanker usus besar:

1. Brown rice
Brown rice mengandung serat yang cukup banyak sehingga bisa mencegah kanker usus besar. Sebaiknya brown rice dikonsumsi secara teratur. Serat dana brown rice mengandung asam lemak pendek yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah kanker usus besar.

2. Ikan salmon
Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker usus besar. Berjemur di bawah sinar matahari adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D, namun vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti ikan salmon.

3. Kacang tanah
Kacang tanah mengandung banyak serat. Penelitian juga menunjukkan bahwa kacang tanah yang mengandung banyak serat baik untuk mencegah kanker usus besar.

4. Jahe
Jahe adalah salah satu bentuk suplemen yang bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada usus besar. Peradangan pada usus besar biasanya disebabkan oleh adanya tumor. Konsumsi jahe dengan teratur untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah kanker usus besar.

5. Teh putih
Teh putih mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membantu membunuh sel kanker. Teh putih bahkan mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau. Konsumsi satu cangkir teh putih setiap hari untuk mencegah munculnya kanker usus besar.

6. Sayur bayam
Berbagai macam sayuran sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Sayur bayam mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah beta-karoten yang membantu melawan sel kanker. Mengonsumsi bayam secara teratur akan membantu mencegah sel kanker berkembang.

Info Lain:
Yukk…Cari Tahu Tentang Kolesterol
Pemicu Kolesterol Tinggi
Konsumsi Air Putih Untuk Atasi Migrain
Mengkonsumsi Obat Antibiotik Harus Sampai Habis
Terlalu Banyak Tidur, Terlalu Sedikit Tidur Bisa Meningkatkan Risiko Depresi
5 Langkah Kurangi Resiko Kanker Payudara
Dua Apel Sehari Mampu Turunkan Kolestrol

 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here