Jelang Pilkada PALI, 5 Kandidat Siap Bertarung

Mereka adalah Heri Amalindo (Cabup incumbent), Rizal Kenedi (anggota DPRD Provinsi Sumsel), Eftiyani Sanif (mantan Ketua KPUD Kota Palembang), Sastra Suganda (Bendahara Gapensi Provinsi Sumsel) dan M Teguh Jaya (Kepala Dinas Sosial Muara Enim).  Kelimanya merupakan putra asli daerah PALI.

Tiga diantaranya bahkan secara terang- terangan menyatakan siap untuk maju sebagai Cabup Pilkada PALI, yakni Rizal Kenedi, Eftiyani Sanif dan M Teguh Jaya. Sementara Heri Amalindo (Cabup Incumbent) belum berkenan terang terangan  mengatakan akan  mencalonkan diri sebagai Cabup PALI.

“Sampai hari ini tekat saya tetap insya Allah akan maju pada Pilkada PALI mendatang melalui jalur indepeden,” jelas Eftiyani yang berhasil dihubungi melalui ponselnya beberapa waktu lalu.

Diakuinya, saat ini dia terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat. Bahkan dia telah membentuk tim keluarga untuk memenangkan Pilkada tersebut. “Saya terus melakukan pendekatan kepada masyarakat baik saya sediri secara langsung maupun melalui tim keluarga yang telah saya bentuk,” ujarnya.

Tak berbeda dengan Eftiyani, Rizal Kenedi (anggota DPRD Sumsel dari PPP) mengaku serius mencalonkan diri sebagai kandidat Cabup PALI. “Insya Allah saya serius untuk mencalonkan diri sebagai Cabup dari Partai Persatuan Pembangunan,” jelas Rizal yang berhasil dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Untuk memperkuat langkahnya, saat ini Rizal telah menjalin komunikasi dengan partai politik lain, serta melakukan berbagai persiapan  lainnya seperti menjalin komunikasi dengan semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten PALI.

Hal senada juga diungkap M Teguh Jaya (Kepala Dinas Sosial Muara Enim). “Kalau saya ditanya apakah serius maju sebagai Cabup PALI, ya jawabannya saya katakan serius,” jelas Teguh yang berhasil dijumpai. Dia akan maju menjadi Cabup PALI melalui jalur independen. 

KPUD Muara Enim Selenggarakan Pilkada PALI

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muara Enim tetap sebagai penyelenggara Pilkada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Kepastian itu
disampaikan Komisioner KPUD Muara Enim Reza Pahlevi.

“Memang beberapa waktu lalu ada statemen yang mengatakan bahwa Pilkada PALI akan dilaksanakan oleh KPUD PALI. Namun memingat waku yang sudah makin dekat tidak memungkinkan pembentukan KPUD PALI dapat dilakukan dalam waktu singkat,” jelas Pahlevi, Minggu (11/1/2015).

Menurut Pahlevi Pilkada PALI akan dilakukan secara serentak dengan beberapa daerah lainnya di Sumsel pada tahun 2015. “Sekarang ini kita masih menuggu hasil pembahasan Perpu tersebut yang informasinya dilakukan pertengahan bulan ini. Kalau Perpu Pilkada tersebut selesai dibahan dan telah ditetapkan, maka kita baru melaksanakan tahapan Pilkada tersebut,” jelasnya.

Dijelaskannya, meski Perpu tersebut masih akan dilakukan pembahasan, namun KPU pusat telah membuat draf PKPU Pilkada tersebut. “Jika Perpu Pilkada yang disahkan nanti ternyata ada perubahan perubahan, tentunya draf PKPU yang telah disiapkan KPU pusat akan dilakukan perubahan mengacu kepada Perpu,” jelasnya.

Dijelaskan Pahlevi, terkait pelaksanaan pilkada PALI, saat ini pihaknya belum bisa berbuat banyak, karena masih menunggu pembahasan Perpu Pilkada. Namun KPUD Muara Enim telah mengalokasikan anggaran dana untuk honor PPK melalui dana APBD PALI tahun 2015. Dengan demikian, jika dilakukan pengrekrutan PPK, anggarannya sudah tersedia.

Yang menjadi permasalahan saat ini, lanjutnya, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pilkada. Karena Panwaslu Kabupaten Muara Enim sudah berakhir masa jabatannya dan telah membubarkan diri. “Kalau sampai memasuki tahapan Pilkada PALI nanti, ternyata Panwaslu belum terbentuk, tentunya akan menimbulkan persoalan pada pelaksanaan Pilkada tersebut,” jelasnya.

Pada tahun 2015 Kabupaten PALI dan Kabupaten  Musi Rawas Utara (Muratara) akan menggelar pilkada untuk pertama kalinya setelah dimekarkan. (Me)

Berita Lain:
Ayahanda Bupati Muara Enim Tutup Usia 
Hari Krida dan Olahraga: Pemkab Muara Enim Datangkan Instruktur Senam dari Jakarta 
PT Bukit Asam Bantu Pembangunan Kebun Raya Sriwijaya 
Polres Muara Enim Bentuk Timsus Anti Bandit 
Dispora Kembangkan Air Terjun Curup Tenang Jadi Wisata Malam 
Camat Semende Darat Tengah Diganti 
2015 Muara Enim Bangun RS Pratama  
Pelantikan Dewan Terganjal Gugatan di MK 
KPUD Muara Enim Siap Selenggarakan Pilkada PALI  
Proyek Kolam Renang Tak Kunjung Selesai

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here