Mau “Ngebom” Kapal Asing Ilegal, Menteri Susi Tak Punya Solar

Namun keinginan Susi untuk membersihkan laut dari kapal ilegal dipastikan tak akan mudah. Penyebabnya Kapal Indonesia tidak bisa jalan lantaran tidak punya bahan bakar Solar.

“Saya ngancem bom, tetapi kapal buat ngebomnya tidak bisa jalan, karena tidak ada Solar. Sedih, seperti nelayan kita mau buat ikan asin tidak ada ikannya,” ucap Susi dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Selasa (11/11/2014).

Namun Susi tak patah arang, dia mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan seperti polisi, TNI dan lain sebagainya. Jika hanya mengandalkan kementerian maka sangat sulit menjangkau kapal ilegal.

“Kita punya kapal tapi tidak bisa sampai ke ZEE, itu hanya kapal KRI. Kita akan koordinasi,” ujar pemilik Susi Air ini. Selain itu, Susi juga meminta dukungan anggaran negara untuk menindak tegas kapal nakal. Sebab ini erat kaitannya dengan keamanan negara. “Harus didukung oleh APBN yang kuat untuk memperalati aparat kita, kalau tidak ya lalu lalang menyolong, dan yang dilaut sulit,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku sangat geram dengan keberadaan kapal asing ilegal yang masih mencuri hasil laut Indonesia. Sebelumnya, dia mau menenggelamkan kapal yang beroperasi ilegal di perairan Indonesia.

“Kalau kamu tidak taat ya dibom saja, itu yang saya lakukan. Mungkin suruh saja anak-anak nelayan ngebom. Kalau perlu saya berikan pesawat Susi Air dari atas,” ucap Susi di Grand Hyatt di Jakarta, Jumat (7/11/2014). (Amr)

Baca Juga:
KIH dan KMP Kompak Hadang Wartawan
Tolak Kenaikan Harga BBM, Effendi Simbolon Siap Kena Sanksi
Mendagri Membolehkan WNI Kosongkan Kolom Agama Di KTP
Gerakan Efisiensi Bagi Semua Pejabat
Pemprov Banten Minta Pelabuhan Merak Dikembangkan
 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here