Kenakan Pakaian Adat, Presiden Beri Hadiah Sepeda

Presiden Joko Widodo dengan pakaian adat di upacara kemerdekaan Indonesia ke 72 di Istana Merdeka Jakarta

Jakarta, Kabarserasan.com—Anjuran menggunakan pakaian adat bagi semua peserta dan undangan upacara peringatan kemerdekaan ke 72 Indonesia di Istana Merdeka pada Kamis (17/08/2017) pagi, ternyata ide dari Presiden Joko Widodo.

Kepada media yang mencegatnya sesaat sebelum upacara berlangsung, Presiden Jokowi mengatakan, lewat kebijakan ini ia ingin menunjukkan keragaman budaya Indonesia.

“Biar tahu, kita ini beragam. Karena Indonesia itu memang sangat beragam. Inilah Indonesia. Kita kan tahu, ratusan pakaian adat yang kita punya,” ujar Jokowi.

Kejutan lain dari pengenaan pakaian adat daerah di Indonesia ini, adalah saat presiden memberikan hadiah kepada lima orang peserta upacara yang mengenakan pakaian adat terbaik. Lima orang itu dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden bagikan hadiah sepeda

Pemenang pertama jatuh pada Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly yang mengenakan pakaian adat Nias. Kedua, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang yang mengenakan pakaian adat Minang. Ketiga, Syarif salah satu asisten ajudan kepresidenan.

“Pada kesempatan yang baik ini, udah diputuskan yang memakai pakaian adat terbaik,” ujar Jokowi, seusai prosesi upacara.

Pemenang pertama jatuh pada Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly yang mengenakan pakaian adat Nias. Kedua, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang yang mengenakan pakaian adat Minang. Ketiga, Syarif salah satu asisten ajudan kepresidenan. Keempat, istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Tri Suswati. Terakhir, yakni Ibu Agati, salah satu pegawai Istana Kepresidenan.

“Saya telah menyiapkan lima sepeda untuk Ibu dan Bapak semuanya,” ujar Jokowi, disambut tawa dan tepuk tangan dari mereka yang hadir dan menyaksian pemberian hadiah tersebut.

Usai pengumuman tersebut, kelima orang terpilih kemudian langsung mengambil sepeda yang telah disiapkan di samping panggung acara. Masing-masing pemenang itu bahkan sempat menuntun sepeda sendiri di depan panggung kehormatan. (fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here