Ini Tanggapan Bawaslu Soal Tudingan Penggelembungan Suara PSI

Jakarta, Kabarserasan.com—Ramai jadi perbincangan tentang melonjaknya perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di real count penghitungan suara Pemilu 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), mendapat tanggapan pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja.

Menanggapi dugaan penggelembungan perolehan suara PSI setelah perolehan suara partai itu tiba-tiba melejit dalam tiga hari terakhir, Rahmat, sebagaimana dikutip dari detik.com, menegaskan bahwa dugaan tersebut tidak terbukti.
.
“Ada beberapa yang kami verifikasi tidak terbukti. Kemudian kami verifikasi ke lapangan misalnya ada di Cilegon, terselesaikan, ada di sosial media kan? Ada juga di Jawa Tengah yang sudah selesai secara berjenjang, sudah diselesaikan,” kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kantor KPU, Jakarta Pusat, dikutip dari detikNews, Selasa (5/3/2024).

Bagja mengatakan di beberapa daerah, hasil formulir C Hasil plano sama dengan formulir D Hasil di tingkat kecamatan. Kendati demikian, kata dia, masih ada kesalahan membaca formulir ke Sirekap. “Jadi tidak benar (ada penggelembungan suara PSI),” ujarnya.

Lebih lanjut, Bagja menyampaikan jika KPU telah memperbaiki masalah teknologi Optical Character Recognation (OCR). Diketahui, KPU sempat mengungkapkan jika OCR yang digunakan Sirekap tidak akurat dalam membaca formulir c.hasil.

“Kan sudah ada perbaikan, kalau OCR kan masalah C Hasil, C Hasil konversi dari gambar ke angka kalau nggak salah begitu ya katanya. Jadi ya harus diperbaiki kan sudah ada, ada maintenance dua sampai tiga hari di KPU,” ujarnya.

Kendati demikian, Bagja meminta KPU tidak berhenti melakukan rekapitulasi berjenjang secara manual. Sebab, kata dia, rekapitulasi berjenjang menjadi acuan untuk penghitungan suara.

“Yang kami tidak boleh itu berhenti rekapitulasi berjenjang manual, itu yang nggak boleh berhenti. Begitu maju, laksanakan terus,” ucap dia.

KPU sebelumnya menegaskan tidak ada penggelembungan suara perolehan untuk PSI dalam pemilihan legislatif DPR RI 2024. KPU menyebut melonjaknya suara PSI di website pemilu2024.kpu.go.id lantaran ada kesalahan pada Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

“Tidak ada terjadi penggelembungan suara, yang ada adalah ketidakakuratan teknologi OCR (optical character recognition) dalam membaca foto formulir model C.hasil plano. Di sini pentingnya peran serta aktif pengakses Sirekap untuk menyampaikan telah terjadinya ketidakakuratan tersebut,” kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Senin (4/3) siang. (fir).

Advertisement