Penentuan 1 Ramadan Akan Ditentukan 10 Maret 2024

Jakarta, Kabarserasan.com—Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menetapkan 1 Ramadan  1445 Hijriyah atau awal puasa Ramadan 2024 pada 10 Maret 2024 mendatang melalui sidang isbat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sidang akan digelar secara hybrid (daring dan luring) di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangannya, dikutip Selasa (20/02/2024).

Kamaruddin menjelaskan, sidang isbat itu akan digelar dalam tiga tahap. Tahap pertama didahului dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H dari hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh tim hisab dan rukyat Kemenag pukul 17.00 WIB yang terbuka untuk umum dan turut disiarkan secara live di Channel Youtube Bimas Islam.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib menambahkan, tahapan kedua untuk sidang isbat digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Penentuan tersebut akan dirujuk dari data hisab (informasi) dan hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag,” terang Adib.

Adib menyebut sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag serta mengundang para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Selain itu, sidang isbat kembali melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hingga Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. (fir)

Advertisement