PTBA Tuan Rumah Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024

Muaraenim, Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menjadi tuang rumah pelaksanaan kegiatan Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024, yang resmi dibuka Senin (19/02/2024) di Museum Batu Bara, Muara Enim, Sumatra Selatan. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan Perhimpunan Tanggap Darurat Di Bidang Pertambangan dan Energi (Pertapindo)

Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Suhedi, pada pembukaan acara ini mengatakan, ajang ini penting untuk meningkatkan kemampuan para ‘penakluk api’ yang sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan di bidang pertambangan mineral dan batu bara.

“Perusahaan tambang memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga tentu sangat diperlukan tim penyelamat yang tangguh untuk menyelamatkan korban atau peralatan jika terjadi bencana atau kecelakaan,” kata Suhedi.

Mengenai ini, Direktur Teknik & Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, melalui video conference mengatakan, memasuki musim dengan curah hujan tinggi dan cuaca yang semakin tak menentu, peran dari tim penyelamat semakin dibutuhkan.

“Sehubungan dengan kondisi perubahan iklim saat ini, dimohon untuk tetap mengantisipasi curah hujan, melakukan penataan lingkungan, penghijauan secara massal, berkoordinasi dan komunikasi secara intensif dan memantau informasi cuaca dari BMKG,” ungkapnya.

Pertapindo selaku penyelenggara menyatakan, lomba ini dilaksanakan per wilayah dan nantinya, tim terbaik dari masing-masing wilayah akan berlaga di ajang Indonesia Fire & Rescue Challenge 2024.

“Selama ini selalu diadakan hanya pada tingkat nasional. Dan dalam perlombaan nasional hanya 24 tim yang dapat berpartisipasi. Jadi, dalam skala regional akan lebih banyak tim yang berkesempatan untuk mencoba kompetisi ini dan nanti akan dipilih tim terbaik untuk maju ke tingkat nasional,” ujar Ketua Pertapindo, Sri Raharjo.

Sumatera Fire & Rescue Challenge 2024 diikuti oleh 15 tim dengan total 146 personel Emergency Response Team (ERT). Sebanyak 49  Obsever dari 24 perusahaan menjadi penilai kemampuan para personel ERT yang bertanding dalam ajang ini.

Terdapat lima kegiatan yang akan dilombakan yaitu; Firefighter Competency Test, Structural Fire Fighting, Road Accident Rescue, Water Rescue, dan Firefighter Combat Challenge. Kompetisi ini akan berlangsung mulai dari 19 Februari hingga 22 Februari 2024. (fir)

 

Advertisement