Agus Fatoni Dilantik Jadi Pj Gubernur Sumsel

Jakarta, Kabarserasan.com—Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (02/10/2023) melantik Agus Fatoni sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Pj Gubernur Sumsel), menindaklanjuti berakhirnya masa jabatan Guernur Sumsel Herman Deru dan Wagub Mawardi Yahya per 1 Oktober 2023.

Pelantikan yang dilakukan di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat itu diserentakkan dengan pelantkan Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Kalimantan Timur, setelah masa kerja Gubernur Isran Noor dan Wagub Jadi Mulyadi berakhir.

Sebelum dilantik Mendagri mengabil sumpah Pj Gubernur Sumsel dan Pj Gubernur Kaltim itu. “Bersediakah saudara mengucap sumpah menurut agama Islam?,” tanya Tito yang dijawab bersedia oleh kedua pejabat yang akan dilantik tersebut.

“Saya minta saudara ikuti dan ulangi kata-kata saya. Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Tito diikuti kedua Pj.

Kedua penjabat gubernur itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 87/P Tahun 2023 tanggal 29 September 2023. Tito dalam sambutannya menyatakan percaya, Pj Gubernur Sumsel dan Pj Gubernur Kaltim ini akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan.

“Saya Mendagri atas nama Presiden RI dengan resmi melantik saudara Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel dan Akmal Malik sebagai Pj Kalimantan Timur berdasarkan keputusan Presiden Nomor 87/P tahun 2023 tanggal 29 September,” jelas Tito.

Hadir dan menyaksikan prosesi pelantikan ini para pejabat dari kedua provinsi, yakni para bupati dan wali kota, para Ketua DPRD dan Forkopimda serta para anggota DPR RI dan DPD Ri Dapil Susel dan Kaltim. Agus sendiri sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here