Bom Bunuh Diri Meledak di Mapolsek Astana Anyar Bandung

Bandung, Kabarserasan.com—Ledakan besar, diduga bom, Rabu (07/12/2022) pagi sekitar pukl 08.00 WIB terjadi di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat. Akibat ledakan ini seorang polisi dan 10 orang sipil tewas akibat terkena ledakan.

Seorang warga tak jauh dari lokasi ledakan, mengatakan, peristiwanya terjadi saat keadaan wilayah sekitar sedang agak ramai oleh warga yang menjalani aktivitasnya. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, membenarkan peristiwa di Kota Bandung ini “Iya di Astana Anyar,” kata Ramadhan.

Ramadhan mengungkapkan, dalam peristiwa ini satu anggota polisi tewas. Selain itu tujuh orang anggota polisi mengalami luka. “Tiga luka berat, empat luka ringan. Dari masyarakat, satu orang luka ringan,” ujar Ramadhan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Rabu siang menjelaskan, terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar adalah mantan narapidana terorisme bernama Agus Sudjadno alias Agus Muslim. Itu, kata Kapolri, didasarkan hasil pemeriksaan sidik jari dan face recognition terhadap jenazah terduga pelaku yang ditemukan di sekitar lokasi ledakan.

“Hasil dari pemeriksaan sidik jari dan face recognition, identik bahwa pelaku adalah Agus Sudjadno alias Agus Muslim,” kata Listyo dalam jumpa pers di lokasi kejadian. Dijelaskan Kapolri, terduga pelaku pernah ditangkap terkait kasus terorisme ‘bom panci’ di Cicendo pada 2017.

Agus, lanjut Kapolri, kemudian diadili dan dijatuhi hukuman penjara empat tahun di LP Nusa Kambangan dan baru bebas pada September 2021 lalu. Agus terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung.(fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here