FIFA Pastikan Piala Dunia U20 di Indonesia

Jakarta, Kabarserasan.com—Presiden FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional), Gianni Infantino yang sedang berada di Indonesia, memastikan bahwa Piala Dunia U-20 2023 tetap akan tetap dilaksanakan di Indonesia.

Penegasan ini menjadi penting buat Pemerintah Indonesia dan juga para penggemar sepak bola di tanah air, terkait dengan adanya insiden kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang beberapa hari lalu, yang berpotensi membuat FIFA mempertimbangkan pelaksanaan kejuaraan sepak bola dunia tersebut di Indonesia, karena alasan keamanan. Maka penegasan ini sangat melegakan, karena hal yang dikhawatirkan tidak terjadi.

“Itu sebabnya saya ingin juga datang ke Jakarta, tahun depan kita bersama-sama akan menyelenggarakan Piala Dunia FIFA U-20,” kata Infantino usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Menurut Infantino, dengan menggelar Piala Dunia U-20, Indonesia akan kedatangan pemain-pemain terbaik dunia yang bakal menunjukkan talenta mereka di ajang tersebut. “Pemain terbaik di dunia akan datang ke Indonesia dan cahaya serta bakat mereka akan bersinar dari Indonesia ke seluruh dunia,” kata Infantino.

Karena itu, tegas Infantino, hajat ini harus didukung semua pihak agar pelaksanaannya berjalan lancar. Infantino menyampaikan penghargaan khusus dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang mengambil peran penting untuk terlaksananya kejuaraan dunia, yang menurutnya akan menaikkan citra Indonesia ke muka dunia.

Citra dimaksud, kata Infantino, bukanlah sebagai negara yang mengalami musibah dalam pertandingan sepak bola. “Tetapi, negara yang punya visi yang diproyeksikan untuk masa depan, di mana penduduk muda mencintai sepak bola yang ingin merayakan membawa sepak bola ke dunia,” ujarnya.

Kepada Presiden Jokowi, Infantino mengatakan, FIFA ingin memastikan bahwa Indonesia tidak hanya bisa menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang dihadiri negara-negara besar secara ekonomi. “Tetapi, juga dari sudut pandang sepak bola, episentrum sepak bola di belahan dunia ini akan ditentukan di sini di Indonesia dari sini, kami ingin membuat sepak bola ini berkembang ke seluruh dunia,” kata Infantino. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here