Wali Kota Jambi, Fasha: Penanganan Kesehatan Korban Terdampak Banjir Harus Optimal

Wali Kota Jambi Syarif Fasha. Foto: Kabarserasan.com/Azhari

Jambi, Kabarserasan.com — Pasca banjir yang terjadi di Kota Jambi beberapa waktu lalu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar tetap intens memperhatikan kondisi warga pasca banjir.

Penegasan instruksi tersebut, terutama ditujukan kepada institusi yang menangani bencana, khususnya kepada Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas, termasuk aparaturnya di tingkat kecamatan, kelurahan dan RT.

“Saya instruksikan agar Dinas Kesehatan cepat mengambil peran penanganan pascabanjir ini. Intensifkan koordinasi dengan Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan warga kita yang terdampak banjir lalu. Karena biasanya pasca banjir sering kali diikuti dengan wabah diare dan demam berdarah. Rumah sakit juga saya minta agar memberikan prioritas pelayanan bagi warga kita yang baru saja terdampak banjir tersebut,” ujar Fasha kepada sejumlah media, Rabu (5/4/2017).

Fasha juga minta agar dilakukan pengasapan (fogging) secara merata di kawasan terdampak banjir.

“Saya minta kecamatan agar mengeluarkan semua mesin fogging yang ada, segera lakukan pengasapan secara merata diwilayah terdampak banjir lalu, dan jangan menunggu diminta,” tegas Fasha.

Menurutnya, dalam penanganan banjir agar jajarannya tidak kaku dan takut mengambil langkah-langkah penanganan dilapangan demi kemanusiaan.

“Semua masyarakat harus cepat dilayani, jangan sampai hal-hal yang formalitas mengakibatkan terlambatnya penanganan kepada masyarakat. Bila perlu saya lakukan diskresi untuk itu demi kemanusiaan,” tukas Fasha.

Baginya ruang pengabdian itu begitu besar. Untuk itu sumber daya Pemerintah Kota Jambi harus dioptimalkan, termasuk semua ASN.

“Saya tegaskan semua pegawai pemkot harus turut mengambil peran membantu saudara-saudara kita korban banjir, paling tidak didekat tempat tinggalnya masing-masing,” harapnya.

Penulis: Azhari
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here