Ratusan Atlet Taekwondo Ikuti Piala Danrem Jambi

Kejuaraan Taekwondo Piala Danrem Jambi/ Foto: Kabarserasan/azi

Jambi, Kabarserasan.com—Ratusan atlet Taekwondo dari enam  provinsi di Sumatera, ikut meramaikan kompetisi Paiala Danrem Jambi, mulai Kamis (26/01/2017) yang digelar di GOR Kotabaru, Kota Jambi, yang dibuka secara resmi oleh Walikota Jambi Syarif Fasha.

“Saya sangat apresiasi sekali kegiatan ini, dan berterimakasih kepada Kodim 0415/Batanghari dan diharapkan bisa bermanfaat bagi seluruh atlet,” ujar Fasha.

Menurut Fasha, latihan tanpa uji coba sama saja makan sayur tanpa garam. Dengan adanya pertandingan ini, para pengurus dan atlet dari enam provinsiyang jadi peserta bisa mengukur kemampuan masing-masing.

“Junjung tinggi sportivitas dalam pertandingan. Kalian terbaik darinya baik. Dalam pertandingan ada yg menang dan ada yang kalah. Berusahalah berlatih terus,” tuturnya.

Begitu juga dengan juri dan wasit, lanjut Fasha berharap bisa bersikap tegas memimpin pertandingan.  “Usai pertandingan ini, lakukan evaluasi atlet agar bisa dipilah mana yang dijadikan terbaik guna dijadikan bibit atlet di masa mendatang,” harapa Fasha.

Foto: Kabarserasan.com/ By.Azi
Foto: Kabarserasan.com/ By.Azi

Bintang salah satu peserta pemula dari Kamaru Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat mengaku sangat senang mengikuti pertandingan taekwondo di Kota Jambi.

“Saya ingin jadi atlet profesional, karena olahraga beladiri sudah jadi hobi. Selain itu untuk bisa membanggakan orangtua, daerah dan Indonesia,” kata Bintang yang baru berusia enam tahun ini.

Ketua Harian Taekwondo Kota Jambi Kapten Inf Ahmad Riadh sebagai Ketua panitia yang juga Kainfolahta Korem 042/Gapu, mengatakan, kejuaraan yang baru pertama kali digelar di Gedung Olahraga, Kotabaru, Kota Jambi merupakan kerjasama Komando Resor Militer 042 Garuda Putih dengan Taekwondo Kota Jambi.

Mempertandingkan kelas pra junior, junior, senior pemula dan prestasi. Untuk tarung terbagi beberapa kelas, seperti kelas pemula pra junior usia 6 sampai 13 tahun, kemudian junior 14 sampai 17 tahun, dan senior 18 tahun ke atas. Untuk tarung kelas prestasi, 12 sampai 17 tahun, sedangkan senior 18 tahun keatas.

“Sementara Poomsae atau gerakan seni, kelas pra junior Individual Putra. Juniornya, individual putra-putri, berpasangan, dan beregu putra dan putri,” katanya.

Sekitar 600 atlet ambil bagian bersaing untuk menjadi yang terbaik pada kejuaraan bergengsi ini. Dari berbagai unit kabupaten Kota seluruh Provinsi Jambi dan lima provinsi tamu undangan, yakni dari Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Bengkulu, (azi)

Leave a Reply