Indonesia Bisa !!

Pemain Indonesia merayakan gol kedua yang dicetak Hansamu Yama pada menit ke 70 foto: Kompas.com

Muara Enim, Kabarserasan.com – Timnas Indonesia akhirnya berhasil mengalahkan Thailand pada final leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakan Sari Cibinong Bogor Jawa Barat, Rabu (14/12/2016).

Tertinggal satu gol pada babak pertama melalui sundulam striker berbahaya Thailand Teerasil Dangda, Garuda berhasil berbalik unggul 2-1 pada babak kedua.

Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata layak dinobatkan sebagai pahlawan pada pertandingan malam ini. Selain mencetak gol, peran keduanya terlihat sangat vital.

Tusukan Rizki Pora dari sisi kiri kerap merepotkan pertahanan Thailand. Gol pertama Indonesia berkat aksi invidu pemain bernama lengkap Rizky Rizaldi Ripora. Menerima bola dari tengah, Rizky merangsek mendekati kotak pinalti Thailand. Sedikit mendapat ruang, dia kemudian melepaskan tendangan keras yang  membentur pemain belakang Thailand, sehingga bola berubah arah membuat penjaga gawang Thailand Kawin Thamsatchanan hanya bisa melongo melihat jaring gawangnya bergetar.

Gol Rizky pada menit ke 65 tersebut membuat semangat pemain Indonesia semakin menggelora. Permainan anak-anak Garuda pun semakin baik. Tekanan Indonesia semakin berbahaya.

Lima menit kemudian, Indonesia mendapat sepak pojok dari sebelah kiri pertahanan tim gajah putih. Rizky Pora yang mengambil sepak pojok tersebut mengarahkan bola lambung ke tiang jauh, Hansamu kemudian melompat dan melakukan sundulan ke sudut kiri gawang. Kawin tak sempat bereaksi dan gol untuk tim Garuda. 2-1.

Pada menit-menit akhir Indonesia nyaris kembali mencetak Gol. Pemain pengganti, Ferdinand Sinaga berhasil menusuk hingga ke kotak pinalti dan mampu melakukan tendangan keras. Sayang tendangannya masih bisa di blok kiper Kawin, bola muntah tersebut kemudian disundul Lerby. Namun sundulannya terlalu pelan, sehingga mudah ditangkap Kawin.

Saat wasit meniup peluit tanda akhir pertandingan skor tidak berubah, Indonesia menang 2-1.

Kemenangan ini menjadi modal yang bagus bagi timnas Indonesia yang akan melawat ke Thailand untuk menghadapi leg ke 2. Indonesia hanya membutuhkan hasil seri di Thailand untuk mengangkat trpi pertama Piala AFF.

Penulis: Khairul Amri
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here