Anggota DPR Dapat Paspor Diplomatik

“Ini kabar gembira. Tidak hanya pimpinan dewan saja yang mendapatkan paspor diplomatik, melainkan juga anggota dewan yang sedang diurusi. Ini sejarah baru,” kata Novanto dalam pidato pembukaan masa persidangan III tahun 2014-2015, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Politikus Partai Golkar itu menegaskan, diplomasi parlemen cenderung semakin penting dalam memajukan kepentingan nasional. Dalam beberapa hal, komunikasi politik anggota parlemen antarbangsa memiliki dampak positif dalam pengelolaan masalah hubungan internasional.

“Dalam UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) yang mengamanatkan bahwa pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dPR dilaksanakan dalam kerangka mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan politik luar negeri,” ujarnya.

Dia mengatakan, pada masa sidang ini anggota bisa menggunakan fasilitas Garuda Lounge dalam melakukan tugas diplomasinya di luar negeri. Hal itu, merupakan kerjasama antara pimpinan dengan Komisi I, III, IV dan V DPR.

“Jadi dengan kartu anggota DPR, bisa nunggu di Garuda Lounge meskipun tiketnya ekonomi. Tiket makan gratis untuk dua orang. Tapi paspor ini tidak bisa digunakan keluarga dan orang lain,” kata dia. (Nis/Amr)

Berita Lain:
Dua Pejabat Diknas Muara Enim Dijebloskan ke Penjara
Aturan Remisi Harus Jelas
Lagi, Megawati Calon Tunggal
Kubu ARB Gugat Menteri Yasonna dan Agung Laksono Cs
UU Pilkada: Terlibat Money Politic, Balon Kepala Daerah Didiskualifikasi
Sumsel Peringkat 26 Pengguna Narkoba
Pemkab Muara Enim Akan Tindak Tegas Penambang Liar

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here