Presiden Jokowi Pimpin Upacara Kemerdekaan Indonesia di Istana

Presiden Joko Widodo inspektur upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Istana, Kamis (17/08/2017)

Jakarta, Kabarserasan.com—Upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia, dengan pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/08/2017) dipimpin Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

Pelaksanaan upacara hari kemerdekaan ke 72 tahun ini terlihat berbeda dibanding sebelumnya. Para pejabat negara dan seluruh tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian khas daerah, termasuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Presiden Jokowi sendiri, jika pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Tahunan DPR-DPD RI di hari sebelumnya mengenakan pakaian adat Bugis, kali ini presiden mengenakan pakaian daerah asal Kalimantan Selatan. Sedangkan Wapres Jusuf Kalla memakai pakaian adat Bugis.

Sesaat sebelum upacara dilangsungkan, Presiden Jokowi kepada media mengatakan, kebijakan mengenakan pakaian daerah untuk menunjukkan Indonesia mempunyai budaya yang sangat beragam. “Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki,” kata presiden di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Penaikan bendera merah putih

Sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga mengenakan pakaian daerah. Salah satu anggota Paspampres. Peringatan upacara pengibaran bendera tahun ini pun terasa lebih special, karena karena kehadiran semua mantan presiden yang masih ada, yakni Presiden RI ke 3, Baharuddin Jusuf Habibie, Presiden RI ke 5, Megawati Sukarnoputri, dan Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Ikut hadir, mantan Wapres Sutrisno dan Budiono, serta keluarga para mantan presiden dan wakil presiden. Mereka semua melakukan foto bersama di istana, sesaat setelah upacara selesai. Bahkan momentum langka dan banyak ditunggu, saat SBY bersalaman dengan Megawati (fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here