KPU Akan Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Jakarta, Kabarserasan.com—Sesuai jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada hari ini, Rabu (20/03/2024). Untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), Selasa kemarin, KPU memperbarui hasil rekapitulasi nasional dengan telah melakukan rekapitulasi di 36 provinsi, sisanya dua provinsi belum terekapitulasi.

Undang-undang Pemilu telah menetapkan KPU menetapkan hasil pemilu nasional 35 hari setelah pencoblosan, yang dilaksanakan 14 Februari 2024 lalu. Karena itu, hari ini KPU harus merampungkan rekapitulasi tingkat nasional untuk dua provinsi tersebut, yakni Papua dan Papua Pegunungan.

“Setelah itu, setelah semua provinsi selesai rekapitulasi, kemudian kita siapkan berita acara dan nanti kita siapkan Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional atau tingkat nasional,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/03/2024).

Hasyim menjelaskan, Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu pada tingkat nasional itu akan merangkum semua jenis pemilu, yakni hasil pileg DPRD kabupaten/kota pada 508 kabupaten/kota, hasil pileg DPRD provinsi pada 38 provinsi, hasil pileg DPD RI, hasil pileg DPR RI, dan hasil pilpres.

Keputusan ini nantinya akan dapat digunakan oleh peserta pemilu yang merasa tidak puas untuk dijadikan objek gugatan sengketa/perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) kepada Mahkamah Konstitusi. Baca juga: Soal Kue Ulang Tahun, Ketua KPU: Itu yang Siapkan Saya, Caleg PSI Merekam

“Satu-satunya objek sengketa atau objek gugatan ke MK adalah SK KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional yang di dalamnya merupakan rangkuman hasil semua pemilu semua tingkat mulai dari kabupaten/kota provinsi dan di tingkat pusat,” jelasnya.

KPU memperbarui hasil rekapitulasi nasional suara pada Pilpres 2024. KPU sudah melakukan rekapitulasi nasional di 36 provinsi, sisanya dua provinsi yakni Papua dan Papua Pegunungan belum terekapitulasi.

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil suara Pilpres 2024 tingkat nasional digelar di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), hingga Selasa (19/3/2024) kemarin calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 34 provinsi. Dua provinsi lain dimenangkan pasangan Anie Baswedan-Muhaimin, yakni Sumatra Barat dan Aceh. (fir)

Advertisement