PTBA Berdayakan Ibu Rumah Tangga Lewat Budidaya Jamur Tiram

Lahat, Kabarserasan.com—Sejumlah ibu rumah tangga di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat-Sumatra Selatan, Rabu (01/02/2023) larut dalam kegembiraan di lapangan desa. Mereka sedang melakukan panen raya jamur tiram, binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)

Dalam binaannya, PTBA membuat rumah-rumah kumbung, yang setiap satu rumah kumbung berisi 1.000 baglog dan dikelola 2 orang. Dengan 12 orang peserta binaan, total ada 6.000 baglog yang dipanen hari itu.

Camat Merapi Timur, Edeales Pokal, menyambut gembira panen jamur tiram ini, sebagai bentuk pemberdayaan warga khususnya para ibu rumah tangga di wilayahnya. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat memajukan desa-desa di sekitar PTBA,” kata edeales.

Di kesempatan ini, Asisten Manager Community Engagement PTBA Listati, atas nama perusahaannya  menyampaikan suka citanya karena program CSR ini telah dapat membanu masyarakat melalui program peningkatan ekonomi dalam bentuk budidaya jamur tiram.

“Dan tentunya, tidak lepas dari upaya pendampingan yang dilakukan terus menerus, mulai dari studi banding sampai dengan pemanenan sehingga ibu-ibu bisa panen raya jamur tiram,” dia menuturkan.

Pihaknya berharap dengan aktivitas sebagai pembudidaya jamur ini, ibu-ibu menjadi mandiri dan memiliki peluang usaha baru yang menjanjikan. Terlebih, jamur tiram ada pasarnya dan mudah untuk dijual di pasaran. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here