Dukung Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA Bangun Jembatan

Dirut PTBA Arviyan Arifin dan Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi saat Peresman Jembatan Enim II di Klawas, Senin (2/3/2020). Kabarserasan.com/amr

Muara Enim, Kabarserasan.com – Salah satu komitmen PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA) untuk mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota wisata adalah dengan membangun sarana pendukung yang diperlukan.

Terkait dengan itu, PTBA membangun jembatan Tanjung Enim II di Klawas Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul.

“Latar belakang dan tujuan pembangunan jembatan Tanjungenim adalah dalam rangka mendukung rencana kota Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata dan mewujudkan jaringan transportasi yang berkesesuaian dengan kawasan perkantoran tambang, kompleks agroforestry dan silvopastura serta kawasan Pendidikan Bukit Asam Foundation,” kata Dirut PTBA Arviyan Arifin saat peresmian Jembatan Tanjung Enim II, Senin (2/3/2020).

Jembatan Tanjung Enim II di Klawas Kec Lawang Kidul. Kabarserasan.com

Arviyan menjelasakan, jembatan kerangka baja tersebut adalah tipe girder dengan panjang jembatan 835 meter, lebar jembatan 9,2 meter, lebar badan jalan jembatan 7,4 meter, lebar trotoar dua sisi 1,8 meter, tinggi aksesoris jembatan 12,4 meter, tinggi maksimal kendaraan 4,5 meter, beban maksimal kendaraan 50 ton dan tekanan gandar 12 ton yang.

” Jembatan Klawas ini menelan dana sekitar Rp 56 Miliar,” ungkap Arviyan.

Sementara itu Bupati Muara Enim yang diwakili Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi menyatakan, Pemkab Muara Enim sangat mengapresiasi dengan dibangunnya jembatan Tanjung Enim II tersebut,

“Setidaknya nanti kedepan bisa memecah belah rekayasa lalu lintas terutama antara Tanjung Enim — Muara Enim sebagai jalan alternatif, ” terang Hasanudin.

Selain itu, Sekda mengungkapkan, di dekat dekat kantor Camat Lawang Kidul juga akan dibangun jembatan Tanjung Enim 3, sehingga bisa jalan alternatif di Kota Tanjungenim.

“Jika melihat kondisi jalan saat ini sangat sempit dan sangat sulit diadakan pelebaran lagi,” ungkapnya.

Sesuai data yang ada, sebanyak 2.200 kendaraan per-jam melintas di jalur lintas sumatera kota Tanjung Enim, dan ini sangat padat, apalagi beberapa tahun kedepan akan semakin padat. Ini sejalan dengan tujuan kota Tanjungenim sebagai kota wisata.

Turut hadir pada peresman Jembatan Enim II ini Direktur SDM dan Umum Joko Pramono, Direktur Niaga Adib Ubaidilah, Direktur Keniagaan Mega Satria, Direktur Pengembangan Usaha Fuad dan pejabat teras PTBA lainnya. Komisaris Utama PTBA Agus Suhartono, Komisaris Anggota Soenggul dan Heru Setiabudi, Camat Lawang Kidul Rahmad Noviar, pejabat Muspida dan Muspika Kabupaten Muara Enim. (Amr)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here