BPOM Jambi Temukan Ribuan Kaleng Sarden Diduga Berisi Cacing

Kepala BPOM Provinsi Jambi, Ujang Supriatna. Kabarserasan.com/azi

Jambi, Kabarserasan.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi, merilis hasil temuan sarden (ikan kaleng) yang berada di swalayan atau outlet diberbagai wilayah di Provinsi Jambi.

Hasilnya, sungguh mengejutkan. BPOM Provinsi Jambi menemukan ribuan kaleng sarden yang diduga berisi cacing giling (anisakis sp).

Dalam rilisnya Kepala BPOM Provinsi Jambi, Ujang Supriatna mengatakan dari hasil penulusuran tim BPOM yang sudah melakukan penelusuran kepada 62 outlet dienam kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Jambi.

“Dari hasil penelusuran tim kami menemukan sarden kaleng sebanyak 62.191 kaleng yang terindikasi tercemar cacing,” ujarnya, Sabtu (24/3/2018).

Menurutnya, produk sarden merk HOKI yang terbanyak, sementara produk impor merek Farmeljack hanya ditemukan satu kaleng.

“Selain temuan di dua sarana tersebut, di sarana lainnya kami tidak menemukan adanya produk yg tercemar cacing sebagaimana edaran dari BPOM RI,” katanya.

Meski demikian, pihaknya akan terus menelusuri ke daerah lainnya di Provinsi Jambi. “Saat ini ribuan kaleng tersebut sudah ditarik oleh distributor produk tersebut,” tegas Ujang. (Azi)

Leave a Reply