Kualifikasi Piala AFC U-23: Indonesia Satu Grup dengan Musuh Bebuyutan

Pelatih timnas Indonesia-Luis Milla Aspas (tengah) antara-foto.

Jakarta, Kabarserasan.com – Pengundian grup yang dilakukan AFC di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (17/3/2017) menempatkan Timnas Indonesia U-22 satu grup bersama musuh bebuyutan Thailand di kualifikasi Piala AFC U-23 2018.

Indonesia yang menempati unggulan ke 8 zona Asia Timur, sebelum pengundian berada di pot 2 bersama China, Vietnam, Myanmar, dan Laos.

Hasil undian membawa Indonesia ke Grup H bersama Thailand (unggulan kelima zona Asia Timur), Malaysia (unggulan ke-11), dan Mongolia (unggulan ke-16).

Pertemuan dengan Thailand dan Malaysia bukan hal baru bagi Indonesia, meski ini terjadi di level kelompok usia, tidak timnas senior. Bahkan dua negara itu bisa disebut musuh bebuyutan Tim Garuda karena rekam jejak pertemuan selama ini.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-22 akan menjalani laga tandang ke Thailand karena negara Gajah Putih itu akan bertindak sebagai tuan rumah untuk Grup H. Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini akan digelar pada 19-23 Juli 2017 secara serentak.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2018 diikuti sebanyak 40 peserta yang terbagi dalam 10 grup. Lima grup untuk zona Asia Barat dan lima grup untuk zona Asia Timur sehingga setiap grup diisi empat tim.

10 tim juara grup dan lima runner-up terbaik berhak tampil di putaran final Piala AFC U-23 2018 yang digulirkan di China.

Pengecualian terjadi, yakni apabila China yang berada di Grup J, keluar sebagai juara grup atau masuk lima runner-up terbaik, posisinya akan digantikan tim keenam dalam daftar runner-up terbaik. Hal ini lantaran China berstatus tuan rumah putaran final sehingga apapun hasil yang dicatatkan di fase kualifikasi, tidak akan memengaruhi keikutsertaan mereka di putaran final.

Di sisi lain, sebelum tampil di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 ini, Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan akan mengikuti ajang Islamic Solidarity Games dan menggelar pemusatan latihan di Spanyol.

Berikut pembagian grup kualifikasi Piala AFC U-23 2018 Zona Asia Timur:

Grup F: Australia, Myanmar, Singapura, Brunei Darussalam
Grup G: Korea Utara, Laos, Taiwan, Hong Kong
Grup H: Thailand, Indonesia, Malaysia, Mongolia
Grup I: Korea Selatan, Vietnam, Timor Leste, Macau
Grup J: Jepang, China, Kamboja, Filipina
Sumber: bola.com
Editor: Amr

Leave a Reply