Kemendagri Tolak Petahana Mengundurkan Diri

Namun Kemendagri sudah mengambil sikap, akan menolak jika alasan pengunduran diri itu hanya untuk kepentingan menghadapi Pilkada. “Sikap Pak Menteri terhadap hal itu tidak akan menandatangani yang mundur-mundur itu,” kata Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Dodi Riyadmajdi, sebagaimana dikutip dari detikcom, Minggu (21/6/2016).

Dodi menjelaskan, pengunduran diri kepala daerah diatur dalam UU tentang Pemerintahan Daerah, di mana kepala daerah bisa mundur karena meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan. Nah, permintaan sendiri itu mempunyai penjelasan yaitu ada kepentingan politik yang lebih besar.

“Di pasal 79 UU Pemda itu mengundurkan diri kalau hal-hal terkait dengan persoalan politik kepentingan yang lebih besar. Misal, kalau gubernur tiba-tiba suatu saat terpilih menjadi presiden, maka dalam UU pemda itu dibuka peluang untuk berhenti karena pejabat politik untuk kepentingan lebih besar maka dia bisa berhenti,” paparnya.

“Kalau (mengundurkan diri) untuk memudahkan anak, istri, keponakan, maju, maka sikap Pak Mendagri tidak akan merespon terhadap pengunduran diri tersebut,” imbuh Dodi.

Salah satu petahana yang menyatakan akan mengundurkan diri terkait Pilkada, yakni Wali Kota Pekalongan, M Basyir Ahmad, dan sudah menyampaikan niatnya itu kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beberapa hari lalu di Yogyakarta.

“Etikanya luar biasa, Beliau bertemu saya di Yogyakarta,” kata Ganjar kepada wartawan di Semarang, Jumat (19/6/2015). Tapi Ganjar menyatakan tidak bisa menerima alasan pengunduran diri Basyir jika benar untuk mengajukan  istri Basyir, Balqisdiab dalam Pilkada bulan Desember 2015.

Mengacu kepada SE KPU Nomor 302, jika Basyir mundur, maka status petahana walikota ini akan gugur dan dengan demikian ia bisa mendukung salah satu calon kepala daerah yang pendaftarannya dimulai tanggal 26 Juli mendatang. Padahal menurut  Ganjar, alasan keluarga petahana tidak boleh maju itu untuk menghindari konflik kepentingan. Karena itulah ia memutuskan menolak pengunduran diri bawahannya tersebut

Penulis  : Junel

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply