Mulai Mei Pemerintah Hapus Premium di Pasaran

Sebagai gantinya, Pertamina akan meluncurkan bahan bakar bensin jenis baru dengan kisaran angka oktan antara 88 hingga 92. “Kami akan mengeluarkan produk bensin baru dengan RON 90 pada bulan depan di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya di Jawa,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta, Kamis lalu (16/4/2015).

Bambang mengatakan, bensin jenis baru diberi nama Pertalite, merupakan produk transisi sebelum penghapusan premium berangka oktan 88. “Harganya tentu akan lebih mahal ketimbang premium, Bambang belum mau membocorkan harga bensin produk baru tersebut, meski menurut banyak kalangan harganya akan sedikit lebih tinggi dari harga premium sekarang ini.

Pertamina, kata Bambang, menjamin produk baru ini lebih halus, lebih bertenaga, dan lebih ramah lingkungan dibandingkan premium RON 88. “Produk ini bisa melaju lebih jauh,” ujarnya.

Saat ini, bensin sudah merupakan komoditas nonsubsidi. Premium RON 88 dijual Pertamina dengan harga Rp 7.400 per liter di Jawa-Bali dan Rp 7.300 per liter di luar Jawa-Bali.  Sementara pertamax dijual bervariasi sesuai keekonomian berdasarkan wilayah. Di Jakarta, pertamax dijual Rp 8.600 per liter. Pemerintah menargetkan penghapusan premium berangka oktan 88 dalam dua tahun atau sampai 2017. (Junel).

Berita Lain:
Pemerintah Bekukan PSSI, La Nyala Ketua Umum yang Baru
36 WNI Terancam Dihukum Mati
Tahapan Pilkada Serentak Dimulai
Golkar dan PPP Terancam Tak Bisa Ikut Pilkada
Komjend Badrodin Haiti: Di Internal Polri Masih Ada Pungli
F1-6 TNI Gagal Take Off, Ternyata Pesawat Bekas
Komunikasi Simpangsiur, KIH Bentuk Setgab
 

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here