PT Bukit Asam Akan Ekspor Batubara ke Vietnam

Dirut PT Bukit Asam, Milawarma

Jakarta, Kabarserasan.com–Menyusul makin melesunya perekonomian Tiongkok, PT Bukit Asam Tbk segera merealisasikan proyeksi investasi mereka di Vietnam. Perusahaan batubara ini akan memasok batubara dan membangun pembangkit listrik dengan melibatkan perusahaan lokal.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT BA, Milawarma di Jakarta, Minggu (30/6/2013). “Peningkatan tersebut masih akan berkembang sesuai dengan peningkatan pasar Vietnam,” ujar Mila.

Menurut Mila, selama PT BA mengekspor 500 ribu ton batubara pertahun. Adapun jenis batubara yang diekspor ke Vietnam adalah tingkat tinggi (high coal rank) dengan kualitas 6.000 kkal/kg.

Penandatangan nota kesepahaman antara Indonesia dengan Vietnam, Sabtu (29/6/2013) lalu, memang belum menentukan besaran, pola, dan spesifikasi kerjasama lebih lanjut.

Hanya saja, kata Milawarma menambahkan, prioritas pada tahap awal adalah mengekspor batubara  untuk PLTU di wilayah Vietnam Selatan.

Sebelumnya, Vietnam akan melakukan kerjasama dengan Indonesia di beberapa sektor. Vietnam menganggap Indonesia sudah lebih maju dalam mengembangkan batubara dan penggunaan bahan bakar fosil tersebut.

Itulah yang menjadikan landasan mereka untuk menjalin kerjasama dalam bidang sumber daya manusia dalam pertambangan serta manajemen tambang. (bin)

Leave a Reply