Jelang Idul Adha PTBA Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Muaraenim, Kabarserasan.com—Jelang hari raya Idul Adha 144 H yang tinggal hitungan hari, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban, diikuti 400 peserta dari kalangan pengurus masjid, musala di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Kecamatan Kota Muara Enim.

Pelatihan dilaksanakan di Masjid Jami’ Bukit Asam, Tanjung Enim, dengan narasumber antara lain Tenaga Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lawang Kidul, Saidina Ali, petugas dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Peternakan (TPHP) Kabupaten Muara Enim, dokter hewan (drh) Rendy dan Juru Sembelih Halal dari Tanjung Enim, Zarkoni. Pelatihan dibuka AVP Sustainable Economic, Social & Environment PTBA, Mustafa Kamal.

“Harapannya para peserta mampu melaksanakan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam. Begitu juga dari segi kesehatan hewannya, dapat mengikuti standarisasi yang benar,” ujar Mustafa, yang juga Ketua Panitia Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1444 H PTBA.

Koordinator Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H PTBA, M Alfajrin, menjelaskan kegiatan ini juga dilaksanakan pihak perusahaannya tahun 2022 lalu, sebagai bentuk kontribusi perusahaan terhadap masyarakat.

Pelatihan dibagi 3 sesi, yaitu 2 sesi teori dan 1 sesi praktik penyembelihan hewan kurban. Teori pertama tentang syariat secara agama, fikih dan hukum-hukum dalam kurban. Teori kedua tentang kesehatan dan penyakit-penyakit yang ada pada hewan kurban.. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here