Jasa Marga dan PTBA Lanjutkan Kolaborasi Pengembangan PLTS Jalan Tol

Jakarta, Kabarserasan.com—PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menandatangani perpanjangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di seluruh jalan tol Jasa Marga Group.

Penandatanganan yang dilakukan Direktur Utama (Dirut) Jasa Marga Subakti Syukur dan Dirut PTBA Arsal Ismail itu belangsung di Kantor Pusat Jasa Marga, Plaza Tol Taman Mini, Jakarta Timur, Jumat (24/02/2023). Hadir menyaksikan penandatanganan, pejabat kedua perusahaan. Dari PTBA, hadir Direktur Pengembangan Usaha Rafli Yandra, Direktur Operasi dan Produksi Suhedi, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Farida Thamrin dan Direktur Sumber Daya Manusia Suherman.

Perpanjangan MoU ini diakui kedua pihak sebagai wujud kolaborasi mereka dalam mendukung upaya pengurangan emisi karbon global, sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060.

Dirut Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, kerja sama ini kedua BUMN yang telah terjalin ini penting dilanjutkan, mengingat besarnya potensi yang dapat terus dikembangkan, baik untuk mendukung kegiatan operasional maupun pada aspek komersial dan bisnis, khususnya dalam pengelolaan jalan tol berkelanjutan berbasis green environment dan green energy.

“Ini juga mencerminkan fokus Jasa Marga Group dalam membangun sustainable corporation sesuai dengan konsep Triple Bottom Line, menyeimbangkan aspek People, Planet dan Profit dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan,” ujar Subakti.

“Kerja sama dengan Jasa Marga ini sejalan dengan transformasi yang sedang dijalankan Bukit Asam. Tak hanya berkontribusi signifikan untuk pendapatan negara, Bukit Asam juga harus menjaga kelestarian lingkungan. Kami ingin turut serta menciptakan kehidupan berkelanjutan di masa depan,” kata Arsal, menegaskan.

Sebelumnya, PTBA melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), telah membangun PLTS berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp) di Jalan Tol Bali-Mandara untuk mendukung kegiatan dan operasional PT Jasa Marga Bali Tol (JBT) yang merupakan anak usaha Jasa Marga.

Pembangunan PLTS Jalan Tol Bali Mandara yang telah diresmikan pada 21 September 2022 lalu, berjalan dengan sangat baik sehingga menghasilkan manfaat positif berupa efisiensi energi dan biaya operasional, serta tentunya turut mendukung Presidensi G20 Indonesia pada November 2022 lalu, yang salah satunya berfokus pada isu transisi energi. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here