Bank Sumsel Babel Dukung Penuh KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu

Kepala Cabang Bank Sumsel Muara Enim Beni Maryanto dan Ketua KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu Malson ST menandatangani PKS penyaluran KUR. Kabarserasan.com/kiki

Rambang, Kabarserasan.com — Koperasi Unit Desa Panca (KUD) Mulia Desa Sumber
Rahayu, hari ini, Senin (29/03/2021) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT.Bank Sumsel Babel Cabang Muara Enim melalui Cabang Pembantu Belimbing.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu Kecamatan
Rambang Kabupaten Muara Enim ini juga dihadiri Kepala Cabang Pembantu Bank Sumsel
Babel Belimbing M Subki, Dewan Pengawas (BP), pengurus dan beberapa anggota KUD
Panca Mulia.

Ketua KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu Malson ST, mengatakan pihaknya merasa
terbantu dengan kerjasama antara Bank Sumsel Babel Muara Enim dan Kantor Cabang
Pembantu Belimbing selama ini.

Dia mengakui, pihaknya belum mampu melayani masyarakat maupun anggotanya jika
ada anggota yang membutuhkan modal kerja yang cukup banyak. Karena kemampuan KUD
Panca Mulia saat ini masih sangat terbatas.

“ Kemampuan kami memberikan pinjaman masih terbatas, hanya berkisar Rp5jua-Rp10 juta. Alhamdulillah dengan adanya program KUR dari yang ditawarkan oleh Bank Sumsel Babel Cabang Muara Enim maupun Cabang Pembantu Belimbing, sekarang sudah bisa tercover. Hingga saat ini yang sudah tersalurkan sekitar Rp2 miliar lebih,” jelas Malson.

Dijelaskannya, sebagai kreditur pihaknya dan anggota sampai saat ini belum ada kredit yang macet. Karena apa yang diajukan pihaknya adalah anggota yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan oleh pengurus KUD Panca mulia.

Dengan adanya perjanjian kerjasama antara KUD Panca Mulia dan Bank Sumsel cabang
Muara Enim maupun Cabang Pembantu Belimbing ini nantinya, selain untuk mempermudah menambah modal bagi anggota juga masalah keuangan seperti pembayaran uang petani akan di cover oleh Bank Sumsel Babel.


Kepala Cabang Bank Sumsel Muara Enim Beni Maryanto dan Ketua KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu Malson ST dan Pincab pembantu Belimbing M SUbki. Kabarserasan.com/kiki

Pada kesempatan itu, Malson juga menyampaikan terima kasih kepada segenap badan
pengawas pengurus KUD Panca Mulia yang telah bekerjasama berpartisipasi dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi motto dari KUD Panca Mulia yaitu mensejahterakan anggota.

“ Kami sebagai pengurus juga tidak luput dari kesalahan salahan untuk itu kami atas nama segenap pengurus KUD Panca Mulia juga mohon maaf yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Selain itu, Malson juga meminta kepada Bank Sumsel Babel untuk meningkatkan pelayanan dengan membuka kantor di desa mereka.

“ Untuk meningkatkan pelayanan keuangan khususnya di Panca Mulia dan umumnya bagi wrga Kecamatan Rambang ini kami sangat berharap adanya semacam Kantor Kas atau paling tidak ada ATM atau ada yang lain. Karena perputaran uang di KUD Panca Mulia sampai
dengan saat ini kalau dikalkulasikan harga Rp10.000 per kilogram artinya itu bisa mencapai Rp10 miliar per bulan. Kami sangat berharap kepada Bank Sumsel Babel supaya apa yang menjadi usulan dari kami ini bisa dilaksanakan,” harapnya

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumsel Muara Enim Beni Maryanto mengatakan, pihaknya siap untuk memberikan kontribusi dan membantu untuk mensejahterakan anggota KUD Panca Mulia.melalui KUR (kredit usaha rakyat).

“Kredik KUR ini adalah Program Pemerintah, yang menyiapkan pinjaman antara  Rp5juta hingga Rp500 juta dengan tingkat suku bunga yang sangat kecil,” kata pria yang akrab disapa Bento ini.

“ Pada intinya kami merasa sangat bangga telah diberikan kepercayaan untuk membantu KUD Panca Mulia ini, dan kami siap melayani produk-produk yang ada di KUD ini,” imbuhnya.

Dijelaskan Bento, PKS dengan KUD Panca Mulia ini juga untuk meningkatkan pelayan kepada nasabah Bank Sumsel Babel di wilayah Kantor Cabang Pembantu Belimbing.


Kepala Cabang Bank Sumsel Muara Enim Beni Maryanto, Pincab pembantu Belimbing M SUbki, dan Ketua KUD Panca Mulia Desa Sumber Rahayu Malson ST,dewan pengawasa dan pengurus KUD Panca Mulia. Kabarserasan.com/kiki

“ KUD Panca Mulia ini asuhan Bank Sumsel Babel Belimbing yang dipimpin pak Subki. Banyak anggota KUD yang sudah menjadi nasabah kita,” terang Bento.

Dia berharap , dengan adanya kerjasama dengan KUD Panca Mulia dan adanya layanan
kas keliling, nasabah akan bertambah banyak dari daerah ini.

“ Semoga kedepannya, nasabah Bank Sumsek Babel dari wilayah akan terus bertambah,”
harapnya.

Bento mengungkapkan, terkait permintaan pengurus KUD agar adanya kantor kas, untuk
sementara ini pihaknya akan mengaktifkan layanan kas keliling.

“ Direncanakan setiap Kamis layanan kas keliling kami akan hadir di Desa Sumber Rahayu tempat KUD Panca Mulai berada. Perdana akan hadir pada hari Kamiis 1 April 2021,” terang Bento.

Selain itu, Bank Sumsel Babel saat ini juga punya kredit super mikro. “ Kredit super mikro ini diperuntukan untuk nasabah yang terkena dampak Covid,” ujarnya.

Penulis: Kiki/Doni
Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here