Kopi Arabica Semende Mulai Berkibar

Multan, Ketua Koptan Ruang Napalan dan Listati dari CSR PTBA. Kabarserasan.com/Ist

Semende DU, Kabarserasan.com — Perbukitan yang tinggi dengan udara yang sejuk dan
jalan berliku serta sedikit jalan datar menjadi gambaran wilayah yang ada di hulu
Kabupaten Muara Enim yang bernama Semende.

Semende yang statusnya Kecamatan terdapat tiga wilayah, yakni Semende Darat Laut,
Tengah dan Ulu merupakan kawasan yang menyimpan potensi wisata dari Bumi Serasan
Sekundang. Selain menyimpan keindahan panorama alam, siapa yang tidak kenal dengan
hasil alamnya berupa kopi.

Banyak sejarah mencatat, Kopi Semende sudah sejak lama dinikmati dan menjadi buruan pecinta kopi baik dari dalam maupun luar negeri. Jeme Semende, sebutan untuk orang Semende percaya produk kopi dari Semende baik jenis Robusta maupun Arabica tidak kalah bersaing dengan kopi lainnya.

Bahkan, cita rasa kopi Semende sudah diakui secara nasional dengan ditandai dengan
Indikasi Geografi (IG), dengan grade 8+ atau special tea untuk kopi robusta.

Kali ini Tim CSR dan Humas PT Bukit Asam beberapa waktu lalu berkesempatan berbincang dengan penggiat kopi Arabica yang tergabung dalam Kelompok Tani(Koptan) Ruang Napalan.

Berjalan menyusuri perbukitan yang berada di ketinggian 1200 Meter Dari PermukaanLaut (MDPL) hingga 1400 MDPL, saat bertatap muka langsung dengan Multan selaku Ketua Koptan Ruang Napalan didampingi rekan – rekannya di perkebunan kopi, tidak terlihat raut wajah mengeluh, pun juga tidak terlihat goyahnya tapakan kaki mereka yang tetap berdiri kokoh di Desa Gunung Agung Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) yang memiliki temperatur nyaris dibawah 20 derajat celcius.

Dengan tarikan senyum yang ramah menyambut kedatangan Tim CSR dan Humas, penggiat
kopi arabica Semende yang merupakan warga pribumi ini satu persatu menyalami dan
langsung bertegur sapa dengan penuh keakraban.

” Seperti inilah kontur alam Semende, dingin dan jalannya menanjak, tapi Ahamdulillah tanahnya subur,” tutur Multan.

Ketua Koptan Ruang Napalan yang ramah ini  semakin membuat keinginan tahuan terhadap apa yang telah diperbuat Mulstan dan kawan-kawan di puncak yang masuk Kawasan Bukit Barisan ini.

Tidak lama berselang, Multan pun melanjutkan ceritanya, dimana awalnya dia dan teman-temannya belum begitu menggali potensi kopi yang ada di Semende. Padahal pertumbuhan kopi sangat cocok dengan iklim di Semende. Selama ini, hanya budidaya kopi robusta dengan ilmu seadanya dan tidak tahu ilmunya untuk menggali potensikopi arabica.


Budidaya kopi Arabica koptan Ruang Napalan. Kabarserasan.com/ist

Ternyata, kopi Semende jenis Arabica tidak kalah kelasnya dengan jenis kopi lainnya. Dan memiliki harga lebih mahal dari jenis Robusta. Akan tetapi, Multan mengakui pihaknya tidak bisa menggali potensi lebih dalam dari jenis kopi ArabicaSemendo varian Vivica dan Kardica.

Mulai dari budidaya, pengolahan dan pengemasan, sebelum menjadi mitra Corporate Social Resposibilty (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA) di tahun 2013, diakuinya dilakukan dengan belajar serba otodidak atau belajar dari pengalaman.

Padahal, varian Arabica dari kopi Semende tersebut menurut Pusat Penelitian Kopi di Jember Jawa Timur memiliki nilai skor tidak jauh beda dari daerah lain. Bahkan bisa diadu dari citra rasa serta sudah bersertifikat Kementerian.

” Keyakinan kami bertambah kuat, bahwa Kopi Arabica Semende ini bisa membantu pemerintah mengurangi tingkat kemiskinan. Dengan mengucapkan Bismillah, saya dan teman lainnya menuju Kabupaten Pengalengan, Jawa Barat diberangkatkan PTBA untuk menimba ilmu kopi Arabica pada tahun 2019. Dan kami telah mendapatkan sertifikat Pelatihan Budidaya Tanaman Kopi dan sertifikat Pelatihan Roasting Kopi di Coffetography,” ujar Multan.

Setelah kembali dari menimba ilmu dari ahli kopi internasional. Dan berjumpa kembali dengan masyarakat petani kopi munculah hambatan. Kendala yang dirasa sulittidak bisa terelakan, tapi diyakini bisa diatasi, yakni merubah mindset masyarakat dalam menangani kopi.

” Memang harus dengan sabar untuk mengajak masyarakat petani kopi dalam merubah
mindset mereka dari pola pikir petani kopi tradisional menjadi petani kopi yang profesional,” terangnya.

Untuk diketahui binaan Multan dan kawan-kawan, ada petani kopi di Pelakat, Segamit, dan Cahaya Alam yang masih di Semende, selain penggiat kopi Ruang Napalan punya lahan kopi sendiri.

Tapi, lambat laun masyarakat bisa menerima pola yang dirasa baru, mulai daripenanganan kopi Arabica tidak bisa dilakukan perorangan harus kelompok, pemilihanbibit kopi, pola tanam dengan media pasir, polybag, bahkan dengan cara zig – zag,panen pun harus petik merah, penjemuran hanya boleh dilantai, prosessing standar internasional dan packaging atau pengemasan kopi pun tidak boleh asal-asalan ada caranya.

Dan kini, Alhamdulillah, pasar kopi lokal baik diserap teman – teman PTBA, dan pasar nasional diantaranya Sumatera Utara yang jadi pasar utama sudah bisa diisidari kopi arabica Semende. Kamipun terus melakukan peningkatan produksi kopi arabica, karena pasar masih banyak membutuhkan kopi jenis Arabica.

Mengakhiri perbincangan, Multan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada PTBA dan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim yang sangat mendukung dia dan teman-temannya. “Alhamdulillah saat ini terjadi perubahan yang signifikan pada usaha pertanian kopi kami,” ucap Multan.


Hamparan kebum kopi arabica milik koptan Ruang Napalan, Kabarserasan.com/ist

Multan berkeyakinan dengan mindset baru semangat dalam mengelola perkebunan kopi bisa membawa hasil yang baik. “Insya Allah di lahan 2,5 hektar ini bulan Mei 2021 ini, kita bisa panen petik merah,” ucapnya.

Sementara disampaikan Listati bahwa dukungan PTBA melalui CSR kepada petani kopi di Semende berawal dari tahun 2013 serentak dengan program Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Pelakat, lalu didirikan Rumah Kopi Pelakat hingga PTBA merasa perlu membantu mengembangkan usaha tani kopi di Semende dengan mengirim belajar kopi di Pangalengan Jawa Barat.

“Peran PTBA ini juga ikut membantu peran Pemerintah Daerah memajukan kopi Semende
hingga kopi Semende masuk Pesona Indonesia Award, selain bentuk kepedulian PTBA kepada lingkungan Perusahaan,” ujar Listati.

Hingga saat ini, CSR PTBA tetap memberikan bimbingan untuk kemajuan Mulstan dan kawan – kawan.

Editor: Amr

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here