Kasus Pencurian Minyak Mentah Pertamina EP Asset 2 Sudah Berkurang

Foto: Kabarserasan/ By Hermansyah

Muara Enim, Kabarserasan.com – Kasus pencurian minyak yang terjadi di wilayah Pertamina EP Asset 2 yang membawahi beberapa wilayah terus menurun.

PR Analyst PT.Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Victorio Chatra Primantara  mengatakan, tahun-tahun sebelumnya kasus pencurian minyak mentah mencapai 10 kasus bahkan lebih.

” Pada semeseter 1 tahun 2016 kasus pecurian minyak yang  terjadi di wilayah PT.Pertamina EP Asset 2 Prabumulih, terjadi dua kali kasus pencurian. Sedangkan beberapa tahun sebelumnya, bisa mencapai 10 kali bahkan lebih (pencurian minyak),” kata Victorio saat acara halal bihalal bersama awak media di Muara Enim kemarin.

Menurut Victorio, salah satu faktor penurunan tersebut adanya peningkatan pengawasan dan pengamanan oleh pihak terkait dalam hal ini TNI dan Polri. Karena PT.Pertamina termasuk salah satu objek vital nasional yang memang pengawasan dilakukan secara maksimal.

“ Kasus pencurian minyak seperti melubangi pipa dan menyalurkan minyak mentah ke tanki mobil serta dengan cara atau modus lain sudah jauh menurun,” ujarnya.

Selain pengamanan yang maksimal dari pihak terkait, pihaknya juga terus memberikan sosialiasi kepada masyarakat akan keberadaan PT.Pertamina kepada masyarakat, salah satunya melalui program CSR. Sehingga kesadaran masyarakat akan keberadaan PT.Pertamina semakin tinggi dan kepedulian masyarakat juga meningkat.

“Kita ajak masyarakat untuk sama-sama memelihara dan mengawasi asset yang kita miliki, sehingga masyarakat juga ikut menjaga dan  punya rasa memiliki,”jelas Victorio.

Sebelumnya Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan bertekad untuk memberantas praktek illegal dibidang perminyakan baik berupa penimbunan maupun peredaran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dioplos diwilayah hukum Polres Muara Enim.

” Peredaran minyak illegal jelas sangat merugikan,baik pemerintah sebagai pihak yang memegang regulasi atas perminyakan maupun masyarakat sebagai konsumen.

” Untuk mengantisipasi jangan sampai peredaran BBM illegal terjadi di wilayah Kabupaten Muaraenim maupun Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  kita akan mengintensifkan kinerja Tim Satgas BBM Polres Muara Enim,” tuturnya. (Ace)

Leave a Reply