Ratusan Rumah Warga di Muara Enim Terendam Banjir

Muaraenim, Kabarserasan.com—Intensitas hujan yang tinggi membuat ratusan rumah warga di Kota Muara Enim—tepatnya di Kelurahan Pasar II, Rabu (08/05/2024), tergenang banjir dengan ketinggian air mencpai selutur orang dewasa atau sekitar 40 cm.

Salah satunya seperti terlihat di Jalan RA Kartini di mana ratusan rumah warga sudah tampak digenangi air sejak pukul 05.00 hingga pukul 08.00 WIB. Menurut warga setempat, genangan air ini luapan Sungai Aur yang tak jauh dari permukiman mereka. Air sungai itu meluap setelah menampung guyuran hujan deras sejak Selasa malam.

“Dari laporan yang diterima ini imbas intensitas hujan yang tinggi terjadi sejak pukul 05.00 WIB yang membuat ratusan rumah banjir,” kata Kepala Bidang Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Sudirman.

Menurut warga sekitar, kawasan permukiman mereka memang termasuk Kawasan langganan banjir, yang mereka hadapi setiap musim penghujan. Karena itu mereka sangat berharap ada penanganan yang bersifat solutif dari pemerintah daerah setempat, agar musibah alam seperti ini tidak terus mereka alami.

Meski tidak ada korban jiwa namun genangan air cukup menganggu aktivitas warga, termasuk para pengguna jalan yang harus berhari-hati saat melintas. Tak sedikit kendaraan roda dua yang akhirnya mogok saat terendam banjir ini. (fir)

Advertisement