PTBA Kembali Bangunkan PLTS Irigasi Untuk Bantu Petani

Bandarjaya, Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kembali membangunkan  Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi bagi petani, setelah sebelumnya membangun lima irigasi yang sama di tempat lain. Yang terbaru PLTS dibangun di Kabupaten Lampung Tengah.
PLTS Irigasi baru selesai dibangun di Lampung Tengah, tepatnya di Kampung Rejosari Mataram Kecamatan Seputih Mataram. Dibangun sejak Februari 2023 lalu namun baru diresmikan pemakaiannya Rabu (15/11/2023) oleh Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan VP Sustainability PTBA, Hartono.

“Terima kasih kepada PT Bukit Asam Tbk (PTBA) atas kontribusi untuk pembangunan berkelanjutan. Kami masyarakat Lampung Tengah tidak akan melupakan bantuan ini. Keberadaan PLTS irigasi akan mendongkrak produktivitas pertanian, sehingga kesejahteraan petani meningkat,” kata Musa Ahmad.

Dari pihak PTBA, Hartono menjelaskan bahwa PLTS Irigasi berkapasitas 52,8 kilowatt peak (kWp) ini mulai dibangun PTBA pada Oktober 2022. Pembangkit tenaga surya ini menjadi sumber energi bagi pompa irigasi yang menyedot air sungai untuk didistribusikan ke sawah warga.

Sebanyak 267 petani dengan lahan seluas 175 hektare (ha) merasakan manfaatnya. Sebelum ada PLTS irigasi, para petani hanya bisa panen sekali dalam setahun karena mengandalkan sawah tadah hujan. Sekarang bisa menanam 2-3 kali dalam setahun.

“Pembangunan PLTS irigasi merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Harapan kami, PLTS ini bisa dioptimalkan dan manfaatnya menyentuh semua lapisan masyarakat,” kata Hartono.

Program PLTS irigasi mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) poin 7 yakni menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Kemudian SDGs poin 8, yaitu menciptakan pekerjaan layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, PTBA telah membangun PLTS irigasi bagi petani di lima lokasi lain, yakni di Desa Tanjung Raja dan Karang Raja (Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan), di Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), di Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), serta di Trimulyo (Pesawaran, Lampung), dengan total kapasitas terpasang 6 PLTS mencapai 192 kWp. (fir)

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here