Tim Satgas Pangan Jambi: Jelang Puasa, Harga Sembako Masih Stabil

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto bersama Dirjen Pengembangan Exspor Nasional, Arlinda serta Satgas Pangan Provinsi Jambi meninjau stabilitas harga di Pasar Angsoduo Baru Jambi, di kawasan Pasar, Kota Jambi, Senin (29/4/2019).

Jambi, Kabarserasan.com — Jelang datangnya bulan suci Ramadan, tim Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto bersama Dirjen Pengembangan Exspor Nasional, Arlinda serta Satgas Pangan Provinsi Jambi meninjau stabilitas harga di Pasar Angsoduo Baru Jambi, di kawasan Pasar, Kota Jambi, Senin (29/4/2019).

Dari pantauan diberbagai harga sembako, harga kebutuhan pokok makanan di Jambi masih tergolong stabil.

Hanya saja, tim akan menindak tegas para pedagang bawang putih yang menjual dengan harga mahal.

Pasalnya, Kepala Dinas Perindustruan dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediakan stok bawang putih yang dijual ke pedagang dengan harga Rp30 ribu per kilogram.

“Setelah kami lihat langsung ke pasar, jadi bagi para pedagang yang memang berjualan barang kami berikan kupon, agar bisa membeli stok bawang putih ini dengan harga Rp30 ribu perkilo. Untuk penjualannya di pasar, pedagang tidak boleh menjualnya dengan harga diatas Rp32 ribu,” jelasnya, Senin (29/4/2019).

Bila nanti ditemukan pedagang yang menjual kepada masyarakat diatas Rp32 ribu, pihaknya menegaskan akan menegur, dan memberi sanksi kepada pedagang yang sudah berani memainkan harga bawang putih tersebut.

“Kalau ada pedagang yang menjual melebihi Rp32 ribu, kami bersama satgas pangan akan turun langsung ke pedagang tersebut dan memberi sanksi,” tegas Ariansyah.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi M Dianto mengatakan bahwa untuk menjaga kestabilan harga ini, tim satgas pangan dari Disperindag dan juga pihak kepolisian akan terus memantau situasi harga pasar tersebut.

“Jadi kalau nanti ada kenaikan harga yang kontinyu selama dua hari, nah nanti tim dari satgas pangan kita akan mencari solusi dalam menstabilkan harga tersebut,” tukasnya.

Sebelumnya harga bawang putih di Jambi sempat mencapai Rp50 ribu per kilogram.

Arlinda selaku Dirjen Pengembangan Exspor Nasional (PEN) mengatakan hingga saat ini, harga bahan pokok makanan di Jambi masih stabil. Hanya saja, ada beberapa yang masih terjadi kendala.

“Ya setelah kami tinjau harga pangan seperti, bawang, cabai, minyak goreng, daging ayam dan daging segar, harganya untuk di Jambi masih stabil. Hanya saja tadi stok bawah putih yang masih dikatakan masih kurang, hingga jelang lebaran nanti,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa meskipun stok bawang putih tersebut belum dikategorikan banyak, akan tetapi berkat penggelontoran dari pemerintah, hingga lebaran nanti cukup.

“Ya berkat usaha pemerintah yang sudah menggelontorkan bawang putih sebanyak 22 ton, saya rasa itu cukup untuk puasa hingga lebaran nanti,” tutur Arlinda. (azi)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here