Mendag: Pemerintah Akan Bangun 5000 Pasar Tradisional

“Presiden Jokowi concern sekali ekonomi kerakyatan dan akan membangun 5.000 pasar yang dibangun. Ini bukan hanya merapihkan pasar-pasar, saya enggak mau asal dibangun,” kata Rachmat dalam diskusi di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (17/5/2015).

Menurut dia, konsep membangun 5000 pasar tradisional wujud pemerintah konsisten melaksanakan program Nawacita yang didengung-dengungkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Kebetulan kemarin APBN Perubahan 2015 sudah cair, kemarin saya diskusi dengan para pejabat eselon I, saya tanya pasar yang di sini apa goalnya? Adakah peningkatan ekonomi jangan sampai tidak ada pedagang dan pembelinya,” ujarnya.

Rachmat menceritakan, dirinya beberapa waktu lalu berkunjung ke pasar Sukowati di Bali. Di sana ditemukan adanya kesalahan dalam mengelola pasar, akibatnya penjualan di pasar itu menurun.

Dari penelusurannya, diketahui banyak barang produksi yang tak diantar para supir ke pasar Sukowati karena mereka lebih memilih ke pasar modern. Kata Rachmat, para supir tersebut beralasan lebih senang mengantar barang ke pasar modern karena mendapat upah yang besar.

“Nah melihat kasus itu, kita harus jujur ada masalah dalam manajemen. Manajemen di pasar tradional masih buruk. Makanya bangun 5000 pasar itu bungan cuma fisik, tapi manajemen dan added value-nya yang kita bangun,” kata dia.

Penulis    : Amri
___________________________________________________________________________
BERITA LAIN:
Merek Indonesia Sudah Mendunia, Masyarakat Malah Pilih Produk Asing
Apersi Siap Bangun Rumah Seharga Rp 75 juta per unit
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Menguat pada Kuartal II
Pemerintah Canangkan Program Sejuta Rumah
Sukseskan Program Listrik Pemerintah PTBA Bakal Bangun PLTU 4.400 MW
Mulai Mei Pemerintah Hapus Premium di Pasaran
PTBA Dirikan Anak Perusahaan Untuk Grup Bisnis Sektor Energi

 

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here