Sehari Bekerja, Kaffah Langsung Diusulkan Jadi Bupati Definitif

Muaraenim, Kabarserasan.com—Baru sehari bekerja—setelah Rabu (25/01/2023) dilantik Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru sebagai Wakil Bupati Muara Enim, Muhammad Usmarwi Kaffah langsung diusulkan sebagai Bupati Muara Enim Definitif.

Usulan itu dilakukan DPRD Muara Enim, yang Kamis (26/01/2023) siang mengelar Rapat Paripuma ke-l Tahun 2023 dengan agenda pembahasan Usul Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Bupati Muara Enim Kaffah menjadi Bupati Muara Enim Sisa Masa Jabatan 2018-2023.

Ketua DPRD Muara Enim, Liono Basuki kepada wartawan mengatakan, usulan itu telah disetujui dan berdasarkan ketentuan Pasal 173 ayat (4) UU Nomor 10 Tahun 2016 usul tersebut selanjutnya dituangkan dalam Keputusan DPRD Kabupaten Muara Enim.

“Selanjutnya sesuai dengan ketentuan Pasal 79 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Keputusan DPRD ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan untuk diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri guna mendapatkan Pengesahan Pengangkatan,” jelas Liono.

Usmarwi Kaffah, merupakan Bupati Muara Enim kelima dalam periode kepala daerah Kabupaten Muara Enim 2018-2023. Berawal Ketika Ahmad Yani yang bersama pasangannya Juarsah memenangkan Pilkada 2018. Belum genap setahun menjabat bupati, Ahmad Yani ditangkap KPK karena terlibat korupsi kasus suap 16 paket proyek di Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim bernilai sekitar Rp.129 miliar

Juarsah kemudian naik posisi sebagai Bupati Muara Enim menggantikan Ahmad Yani. Namun pengusutan KPK atas kasus korupsi suap 16 paket proyek di Dinas PUPR tersebut membuktikan Juarsah terlibat menerima suap dan divonis penjara oleh Pengadilan Tipikor Palembang.

Jabatan yang kosong itu kemudian diisi Nasrun Umar, Sekda Provinsi Sumatra Selatan yang diberi mandat sebagai Plt Bupati Muara Enim, dan berakhir Ketika Nasrun memasuki masa pensiun sebagai PNS.

Jabatannya yang kosong kemudian diisi Kurniawan, sebagai Plt yang baru, sampai kemudian Kaffah yang memenangkan pemilihan Wakil Bupati di DPRD Muara Enim, Rabu (25/01/2023) dilantik Gubernur Herman Deru sebagai Wakil Bupati merangkap Plt Bupati Muara Enim.

Hari Pertama Bekerja

Kaffah sendiri di hari pertamanya menjalankan tugas di lingkungan Pemkab Muara Enim, Kamis (26/01/2023) mengisi waktunya dengan meninjau ruang kerja, baik ruang kerjanya sebagai Bupati Muara Enim maupun ruang kerja para bawahannya. Di sela-sela itu ia juga menyapa dan berbincang dengan beberapa pegawainya, memberi motivasi agar bekerja dengan baik. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here