Pimpinan PTBA Ingatkan Pentingnya Budaya K3 di Lingkungan Kerja

Tanjungenim, Kabarserasan.com—Pjmpinan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus mengingatkan pentingnya budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja, untuk mencegah dan meminimalkan terjadinya kecelakaan serta penyakit.

Hal itu kembali diingatkan Direktur Utama PTBA Arsal Ismail, pada upacara peringatan Bulan K3 Nasional di Lapangan Upacara Kanyor Besar Lama (KBL), Tanjung Enim. Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, Rabu (11/01/2023). Di kesempatan ini diperagakan, Teknik dan petunjuk penyelamatan saat terjadi kecelakaan di lingkungan kerja

Pengabaian terhadap budaya K3, kata Arsal, dapat menyebabkan kematian, kerugian materi, moril, pencemaran lingkungan, dan dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Arsal sendiri bertindak sebagai Pembina Upacara.

“K3 juga menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat entingnya perlindungan atas keselamatannya. K3 juga menjamin setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien dan menjamin bahwa proses produksi dapat berjalan lancar,” kata Arsal.

Arsal mengingatkan, usia terbanyak yang mengalami kecelakaan kerja adalah pada kelompok usia muda 20 sampai 25 tahun. “Ini memberikan sinyal bahwa usia-usia muda berpotensi pada kurangnya kesadaran berperilaku selamat. Untuk itu pertu upaya pendekatan dan sosialisasi K3 yang lebih intens dan inovatif khususnya pada kaum muda agar bisa semakin peduli dan melaksanakan K3 di tempat kerja,” jelas Arsal.

Lebih lanjut, Arsal menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan terlibat aktif dalam mengembangkan, mempromosikan serta membudayakan K3.

“Dengan memohon bimbingan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat terus bekerja untuk memastikan jaminan keselamatan dan derajat kesehatan tenaga kerja selalu dilaksanakan,” tegas Arsal. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here