Tahun 2023 Whatsapp Akan Blokir Jutaan HP. Termasukkah Ponsel Anda?

Jakarta, Kabarserasan.com—Jutaan handphone (HP) atau telepon seluler (Ponsel) bakal tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) untuk selamanya terhitung 31 Desember 2022. Pasalnya layanan pesan instan milik Meta itu akan memblokir layanannya pada perangkat tersebut.

Total ada 49 model HP yang terkena kebijakan tersebutm baik iPhone produk Apple maupun Android produksi Samsung, LG maupun Huawei. Sebelum 1 Januari 2023, Aplikasi secara otomatis akan mengeluarkan peringatan kepada pengguna HP yang terpengaruh sebelum berhenti bekerja. Pengguna akan diingatkan beberapa kali untuk meningkatkan perangkat mereka

Ponsel yang terpengaruh biasanya memiliki keamanan dan perangkat lunak yang sudah usang dan tidak mendukung sistem operasi yang lebih baru – dan aman – yang diperlukan untuk aplikasi tersebut.

“Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami secara teratur meninjau sistem operasi apa yang kami dukung dan melakukan pembaruan,” ujar pihak WhatsApp dikutip dari The Mirror.

Menyikapi itu, para pengguna HP yang terpengaruh diimbau sebelum batas waktu 31 Desember 2022, sebaiknya mencadangkan obrolan WhatsApp untuk memastikan kelancaran transisi ke perangkat yang lebih baru. Kemudian dilakukan pemutakhiran sistem ponsel

“Untuk memilih apa yang akan dihentikan dukungannya, setiap tahun kami, seperti perusahaan teknologi lainnya, melihat perangkat dan perangkat lunak mana yang paling lama dan memiliki jumlah orang paling sedikit yang masih menggunakannya. Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp.” (fir)

Daftar HP diblokir WhatsApp per 31 Desember 2022:
iPhone 5
iPhone 5c
Archos 53 Platinum
Grand S Flex ZTE
Grand X Quad V987 ZTE
HTC Desire 500
Huawei Ascend D
Huawei Ascend D1
Huawei Ascend D2
Huawei Ascend G740
Huawei Ascend Mate
Huawei Ascend P1
Quad XL
Lenovo A820
LG Enact
LG Lucid 2
LG Optimus 4X HD
LG Optimus F3
LG Optimus F3Q
LG Optimus F5
LG Optimus F6
LG Optimus F7
LG Optimus L2 II
LG Optimus L3 II
LG Optimus L3 II Dual
LG Optimus L4 II
LG Optimus L4 II Dual
LG Optimus L5
LG Optimus L5 Dual
LG Optimus L5 II
LG Optimus L7
LG Optimus L7 II
LG Optimus L7 II Dual
LG Optimus Nitro HD
Memo ZTE V956
Samsung Galaxy Ace 2
Samsung Galaxy Core
Samsung Galaxy S2
Samsung Galaxy S3 mini
Samsung Galaxy Trend II
Samsung Galaxy Trend Lite
Samsung Galaxy Xcover 2
Sony Xperia Arc S
Sony Xperia miro
Sony Xperia Neo L
Wiko Cink Five
Wiko Darknight ZT

 

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here