PTBA Gandeng Polda Sumsel Amankan Objek Vital Nasional

Palembang, Kabarsersan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggandeng Kepolisian Daerah Sumatra Selatan (Polda Sumsel) dalam melakukan pengamanan Objek Vital Nasional (OVN) di lingkungan kerja mereka di wilayah Sumsel. PT Bukit Asam Tbk Sumatera Selatan. Kerja sama itu dituangkan dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani Senin (26/12/2022) di Palembang.

Keterlibatan unsur kepolisian dalam pengamanan OVN ini merupakan implementasi dari Keputusan Presiden No.63 Tahun 2004 tentang Pengamanan OVN dan Keputusan Menteri ESDM RI No: 202.K 2021 tanggal 18 Oktober 2021 tentang Objek Vital Nasional Bidang ESDM, di mana PTBA ditetapkan sebagai Objek Vital Nasional di sektor ESDM.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengatakan, keberadaan PTBA sebagai OVN memiliki nilai strategis dan berpengaruh bagi hajat hidup orang banyak, dan memiliki kontribusi bagi pendapatan negara.

“Sebagaimana diketahui bahwa PTBA saat ini memiliki mandat dari negara untuk terus mendukung ketahanan energi nasional sehingga perlu mendapatkan dukungan dan bantuan pengamanan atas objek-objek vital yang kami miliki,” jelas arsal.

Arsal berharap sinergi antara PTBA dan Polda Sumsel semakin solid, terutama dalam penyelenggaraan pengamanan, koordinasi serta penindakan hal-hal yang berkaitan dengan gangguan dan ancaman terhadap kegiatan operasional yang meliputi pegawai, aset, sarana dan prasarana, jalur distribusi, dokumen dan pengamanan akses jalan di sekitar lokasi operasional.

Terkit ini, Kapolda Sumsel Albertus Rachmad Wibowo mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya peran PTBA dalam mendukung ketahanan energi nasional. Karena itu, Polda Sumsel dan PTBA harus bekerja sama erat untuk menjaganya.

“Inti dari Nota Kesepahaman adalah bantuan pengamanan. Security depends on you. Kita bekerja sama yang baik supaya semua bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Sebagai informasi, PTBA memiliki 5 Izin Usaha Pertambangan (IUP) dengan total luas 40.347 hektar (ha) di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Total cadangan batu bara PTBA di Tanjung Enim mencapai 2,8 miliar ton. Produksi batu bara PTBA tahun ini ditargetkan sebesar 36,4 juta ton yang sebagian besarnya digunakan untuk kebutuhan domestic (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here