Gubernur Herman Deru Launching 35 Kampung Qur’an di Sumsel

Palembang, Kabarserasan.com—Gubernur Sumsel, Herman Deru, Sabtu (26/11/2022) meresmikan beroperasinya 35 Kampung Qur’an Juara dan 1500 TK/TPA Tahfidz tahun 2022. Peresmian dilakukan di Desa Menanti Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim.

Pengoperasian 35 Kampung Qur’an Juara dan 1500 TK/TPA Tahfidz tahun 2022 ini atas Prakarsa pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Sumatra Selatan (DPW BKPRMI Sumsel).

Gubernur Herman Deru menyambut positif Kampung Quran Juara dan TK/TPA Tahfidz ini. “Ini langkah sebagai bentuk keseriusan Sumsel untuk menjadi daerah yang semakin religius,” kata Herman Deru.

Herman Deru meyakini, keberadaan Kampung Qur’an dan TK/TPA tersebut akan semakin mendorong kemajuan umat muslim di Sumsel. “Keberadaan Kkampung Qur’an dan TK/TPA Tahfidz ini membawa berbagai kemajuan di Sumsel, salah satunya prestasi. Kita ketahui, selama 16 tahun Sumsel ini tidak pernah masuk 10 besar MTQ Nasional,”

Terlepas dari prestasi di ajang lomba baca Quran itu, Herman Deru melihat keberadaan Kampung Quran dan TK/TPA Tahfidz ini sebagai upaya menumbuhkan akhlak dan budi pekerti yang baik di masyarakat. Karena itu mantan Bupati OKU Timur ini berharap BKPRMI Sumsel terus berkreasi, salah satunya membuat standarisasi bagi tenaga guru mengaji. Di kesempatan itu, Herman Deru menyerahkan bantuan untuk guru mengaji di Sumsel sebesar Rp1,8 miliar.

Sejalan dengan harapan Gubernur Herman itu, Ketua DPW BKPMRI Sumsel, Firdaus mengatakan, pembentukan Kampung Quran Juara dan TK/TPA Tahfidz ini memang bagian dari upaya pihaknya mewujudkan Sumsel sebagai daerah religius.

“Berbagai program sudah kita lakukan. Program grebek Masjid sudah kita lakukan di 2500 masjid. Bahkan sampai kemarin sudah kita lakukan lagi sebanyak 500 masjid. Standarisasi bagi guru mengaji yang diharapkan tadi juga sudah kita lakukan,” kata Firdaus.

Dijelaskan Firdaus, standarisasi guru mengaji itu sudah mereka lakukan di 10 kabupaten, selebihnya masih terus dilakukan pembinaan agar juga bisa dilakukan. Selain itu BKPRMI Sumsel juga melakukan sejumlah kegiatan, seperti Sakinah Centre, Sunat Massal dan beberapa kegiatan lainnya. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here