PTBA Raih Penghargaan Asia Sustainability Reporting Rating 2022

Jakarta, Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih trofi Gold di ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022 yang digelar oleh National Center Sustainability Report (NCSR). Penyerahan penghargaan berlangsung di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Penilaian didasarkan tingkat kepatuhan pelaporan keberlanjutan terhadap standar Global Reporting Initiative (GRI). Para penilainya adalah sarjana independen dari 15 universitas di Indonesia dan 1 penilai dari University of Essex UK.

Hadir dalam penyerahan penghargaan ini, antara lain Board of Director NCSR Ali Darwin, Board of Director ICSP & Chairman of ASRRAT Eko Ganis Sukoharsono, Chairman Board of Trustee NCCR Bambang Brodjonegoro., sedangkan manajemen PTBA diwakili VP Sustainability PTBA Hartono, VP Keuangan Korporat PTBA Eko Prayitno, dan VP Sistem Manajemen Perusahaan & GCG Tri Ubaya Sakti.

Ali Darwin mengatakan, “Pathway To Circular Economy” yang menjadi tema ASRRAT tahun ini merupakan rangkaian dari Sustainability Practitioners Conference (SPC) ke-7. Tema ASRRAT kali ini sangat relevan dengan upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan harus dikomunikasikan kepada publik melalui Laporan Keberlanjutan. Sejauh mana suatu entitas berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta pencapaian kinerja ESG-nya, semuanya dapat dipertanggungjawabkan dalam Laporan Keberlanjutan,” kata Ali.

Bambang Brodjonegoro menjelaskan, ekonomi sirkular akan mendorong 4,4 juta penciptaan lapangan kerja bersih hingga tahun 2030, di mana 75 persen dari pekerjaan ini adalah untuk perempuan. Transisi ke praktik ekonomi sirkular akan meningkatkan PDB Indonesia sebesar Rp 593–638 triliun atau setara dengan 2,3–2,5 persen PDB pada tahun 2030.

“Namun, untuk mewujudkan hal ini, tentu saja memerlukan kerja sama yang ambisius dengan melibatkan pemerintah, perusahaan, masyarakat sipil, lembaga keuangan dan organisasi penelitian,” paparnya.

VP Sustainability PTBA Hartono mengatakan, penghargaan ini merupakan cerminan keberhasilan PTBA dalam menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan. Penerapan konsep investasi lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) akan terus diperkuat agar kinerja perusahaan semakin positif.

“Dalam menjalankan kegiatan operasional, PTBA senantiasa mengacu pada Good Mining Practice dan berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada masyarakat. Capaian ini akan terus ditingkatkan untuk mewujudkan visi PTBA menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan,” ujarnya.

ASRRAT 2022 diikuti oleh 50 perusahaan/organisasi. Penghargaan yang telah berjalan selama 18 tahun ini juga diikuti oleh negara lain, yaitu, Bangladesh, Filipina, Australia dan Rusia. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here