RSMH Palembang Siapkan Tim Khusus Hadapi Pasien Anak Gagal Ginjal

Palembang, Kabarserasan.com—Rumah Sakit Umum Pusat dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan tim khusus untuk menangani pasien anak yang mengalami gejala penyakit gagal ginjal akut, yang kini merebak di sejumlah daerah, bahkan dunia.

Pelaksana Tugas Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan RSMH Palembang, dr Martha Hendry Sp.U (K) MARS, Sabtu (22/10/2022) kepada media di Palembang mengatakan, tim khusus tersebut disiapkan karena jumlah pasien suspek Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAKPA) di Provinsi Sumatra Selatan terus bertambah

“Sehingga kita pandang ini memerlukan penanganan serius ya. Maka kita bentuk tim khusus untuk itu,” kata Martha menjelaskan.

Menurut Martha, suspek Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal ini dialami anak pada usia 0-18 tahun, dan berdasarkan data terakhir pihaknya hingga Kamis (20/10/2022) jumlah penderitanya bertambah, dan dua orang yang sempat dirawat akhirnya meninggal dunia.

Pasien terakhir yang masuk pada hari kami situ, seorang anak perempuan berusia 3,8 tahun dan sampai Sabtu masih dirawat oleh tim dokter spesialis kesehatan anak karena dicurigai suspek gagal ginjal akut dengan indikasi tidak mengeluarkan urine selama dua hari.

Selain menyiapkan tim khusus, terkait merebaknya penyakit ini, tim dokter juga yang merawat pasien penyakit ini juga melakukan penyelidikan epidemiologi pada obat yang dipakai pasien sebelum masuk ke rumah sakit. (fir)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here