Menpora Pastikan Jakabaring dan 5 Stadon Lain Siap Gelar Piala Dunia U20

Jakarta, Kabarserasan.com—Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa enam stadion di Tanah Air sudah siap untuk menggelar Piala Dunia U20 2023. Piala Dunia U20 2023 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

Piala Dunia U20 2023 bakal diikuti oleh 23 tim dari enam konfederasi dan menurut rencana, akan ada enam kota tuan rumah untuk menggelar Piala Dunia U20 di Indonesia.

Kurang dari setahun menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U20 2023, Menpora Zainudin Amali memastikan bahwa enam venue sudah siap menjadi tempat pertandingan turnamen tersebut, termasuk Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang berada di Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Tentang penyelenggaraan turnamen akbar sepakbola kelompok umur 20 tahun ini bisa dihadiri langsung penonton di stadion, merupakan kabar baik bagi penggemar sepakbola di tanah air, karena pengumuman ini disampaikan di masa di mana pandemi Covid-19 belum bisa dikatakan benar-benar telah reda.

Meski demikian, Amali tetap mengingatkan keputusan terakhirnya akan ditentukan FIFA dengan mengevaluasi situasi, terutama perkembangan pandemi Covid 19.

“Bisa, silakan saja. Cuma FIFA itu (menentukan -red),” kata Amali kepada wartawan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/09/2022)

Mengenai kesiapan lapangan, Amali menjelaskan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menjadi penanggung jawab infrastruktur juga sudah melakukan renovasi minor terhadap masing-masing venue.

“Enam stadion utama dan lapangan pendukung latihannya sudah siap semua di enam kota,” ucap Amali. Amali menambahkan, keenam stadion di Tanah Air yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U20 2023 akan tetap dalam pengawasan PUPR demi memastikan semuanya sesuai standar FIFA.

Keenam stadion yang disiapkan untuk menggelar pertandingan PD U20 2023, yakni

  • Stadion Gelora Bung Karno. Lokasi: Jakarta. kapasitas 77.193
  • Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Lokasi: Palembang, Sumatra Selatan. Kapasitas: 23.000
  • Stadion Si Jalak Harupat. Lokasi: Kabupaten Bandung, Jawa Barat Kapasitas: 30.000
  • Stadion Manahan Lokasi: Surakarta, Jawa Tengah Kapasitas: 20.000
  • Stadion Gelora Bung Tomo Lokasi: Surabaya, Jawa Timur Kapasitas: 45.000
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta Lokasi: Gianyar, Bali Kapasitas: 18.000 (fir)
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here