PTBA Gelar Pelatihan Gerakan Pemberantasan Buta Membaca

Muaraenim, Kabarserasan.com—PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menunjukkan dukungannya pada Gerakan Nasional Pemberantas Buta Membaca (Gernas Tastaba).

Melalui Satuan Kerja Sustainability perusahaan tambang batu bara berlokasi di Kabupaten Muara Enim-Sumatra selatan ini, Senin (19/09/2022) melaksanakan program pelatihan tenaga pendidik pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Pelatihan ini diikuti 160 orang guru yang dibagi menjadi empat angkatan, dari SD di Kabupaten Muara Enim. Untuk Angkatan I berjumlah 40 orang guru, pelatihan digelar di SD Negeri 16 Lawang Kidul, dari tanggal 19-21 September 2022.

Hadir dalam pelaksanaan pelatihan Angkatan pertama ini, Vice Presindent Sustainability PTBA Hartono, Perwakilan Dinas selaku Pengawas Yahipah, S.Pd, Perwakilan Yayasan Penggerak Indonesia Cerdas (Pengincer) Muhammad Fathi.

Hartono mengatakan, melalui kegiatan ini PTBA berkomitmen mengembangkan dunia pendidikan khususnya di Ring 1 perusahaan. “Bagi PTBA dunia pendidikan sangat penting sehingga PTBA ingin berpastisipasi menyukseskan tujuan pembangunan keberlanjutan atau Sustainability Development Goals, karena pendidikan adalah investasi jangka Panjang,”

Prioritas pengembangan Pendidikan di Ring 1 PTBA ini juga, menurut Hartono, merupakan amanat dari direksi PTBA. “Dengan harapan adik-adik yang bermain di luar itu (murid-murid) dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan perusahaan khususnya di PT Bukit Asam Tbk,” ujar Hartono.

Sementara Yahipah, selaku pengawas, menjelaskan bahwa Gernas Tastaba bertujuan meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ia berharap kegiatan ini diikuti dengan tekun semua peserta pelatihan.

Hal sama juga disampaikan Muhammad Fathi selaku Pengincer. “Kami ingin bersama bapak ibu mencoba merefleksikan kembali bagaimana proses jadi pembaca dan bagaimana menfasilitasi jadi pembaca,” ujar Fathi. (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here