Besok, AKIPBA Mulai Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Muaraenim, Kabarserasan.com—Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA), perguruan tinggi yang didirikan Holding Industri Pertambangan MIN ID, Kamis (25/08/2022) besok mulai membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru, untuk Tahun Akademik 2022/2023. Pendaftaran dibuka selama 10 akhir, berakhir 4 September 2022

Holding Industri Pertambangan MIND ID yang terdiri dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), PT Antam Tbk (ANTM), merupakan memberikan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi.

AKIBPA ini di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba), yang merupakan wujud nyata komitmen perusahaan tambang batu bara ini dalam pemenuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan.

Terdapat 3 program studi (Diploma 1) di AKIPBA, yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT).

Program studi Teknik Pengoperasian Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pengoperasian Mesin dan Peralatan Pertambangan. Sedangkan program studi Teknik Perawatan Alat Tambang menyiapkan lulusannya sebagai Operator Pemeliharaan Alat Tambang yang memiliki kompetensi dalam bidang pemeliharaan alat tambang.

Adapun program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara menyiapkan lulusannya sebagai Operator Mesin Pengolahan Hasil Tambang.

Dari rilis yang diterima media ini dinyatakan, ada beberapa persyaratan umum untuk calon mahasiswa baru, antara lain; 1) Warga Negara Indonesia, 2) Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020, 2021, 2022 (Terakreditasi A), 3) Berkelakuan baik, sehat jasmani dan rohani, serta tidak buta warna, 4) Belum menikah, dan 5) Khusus untuk Program Studi pengoperasian Alat Tambang tinggi badan minimal 165 cm, laki-laki dan umur minimal 18 tahun (pada 1 September 2022).

Proses seleksi terdiri dari Seleksi Administrasi, Tes Online (Akademik dan Sikolastik), Tes Psikotes, Tes Wawancara, Visitasi, dan Tes Kesehatan (fir)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here